Pengertian dan Manfaat dari NFC

 

Halaman ini akan menampilkan pengertian dan manfaat dari NFC.

Vinz-Prasetyo - Perkembangan teknologi memang sangat pesat. Hal tersebut terbukti dengan adanya banyak sekali fitur baru yang seringkali muncul dan pengembangan fitur yang sudah ada membuat mengikuti perkembangan teknologi tidak ada habisnya. Salah satu  perkembangan teknologi yang sering dipakai oleh banyak orang adalah NFC.

Ya, NFC atau Near Field Communication merupakan fitur transmisi data tanpa kontak yang memanfaatkan teknologi RFID atau identifikasi frekuensi radio. Standar angka frekuensi yang digunakan adalah 13,56 MHz dan fitur transmisi ini bisa dilakukan sepanjang lima hingga sepuluh sentimeter.

Lalu, apa saja fungsi dan manfaat dari NFC? Pada artikel kali ini kami akan senang mengungkapkan apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan dengan adanya kehadiran fitur NFC pada smartphone Anda.

Fungsi dan Manfaat dari NFC

Untuk memahami manfaat dari NFC, tentu saja Anda harus mengetahui fungsi dari keberadaan NFC. Lantas, apa saja fungsi NFC? Setidaknya, fungsi NFC terbagi menjadi tiga, yaitu emulasi kartu, pembaca atau penulis dan peer to peer. Berikut penjelasannya.

Mode Emulasi Kartu

Mode ini memungkinkan smartphone Anda menggantikan fungsi kartu pada beberapa segi kehidupan. Seperti misalnya Anda bisa membuka pintu hotel modern yang cocok dibuka dengan teknologi NFC smartphone. Selain itu, pintu kantor yang canggih bisa dibuka dengan cara yang sama.

Dan soal pembayaran, Anda tidak membutuhkan kartu untuk digesek pada mesin reader di meja kasir. Cukup letakkan atau dekatkan smartphone Anda pada mesin tersebut, maka pembayaran pun bisa terproses secara sekejap saja.

Mode Pembaca dan Penulis

Mode pembaca dan penulis ini memungkinkan Anda membeli tiket atau memberi donasi secara cepat pada sebuah poster pintar atau smart poster. Ya, smart poster, seperti namanya, mengembangkan poster statis menjadi dinamis.

Anda tinggal menempelkan smartphone Anda pada chip yang ada di dalam poster tersebut dan Anda akan diarahkan pada halaman web untuk melakukan pemesanan tiket atau memberi donasi. Jadi, secara singkat, smartphone Anda berfungsi untuk membacakan chip pada aplikasi ini.

Mode Peer to Peer

Mode peer to peer memungkinkan Anda mengirimkan file atau dokumen digital dari satu perangkat ke perangkat lain yang juga memiliki teknologi NFC di dalamnya. Cara kerja NFC pada mode peer to peer sama persis seperti mentransfer file menggunakan Bluetooth.

Anda cukup mengaktifkan fitur NFC pada masing-masing smartphone dan menaruh kedua perangkat tersebut pada jarak yang berdekatan. Maka transfer file pun bisa dimulai dan hasilnya pun akan lebih cepat dari pada Bluetooth.

Beberapa Penerapan Penggunaan Teknologi NFC

Dalam prakteknya, NFC sangat berguna untuk transfer data dan file. Lantas, bagaimana peforma penerapan teknologi NFC pada kehidupan sehari-hari?

Bagikan Kontak

Ada kalanya seseorang nmeminta kontak orang lain pada Anda. Lantas, bagaimana cara Anda memberinya? Bisa jadi Anda memberikan nomor kontak seseorang dengan mendiktekan nomornya, mengirimkan nomornya pada si peminta melalui SMS atau aplikasi pengirim pesan lainnya dan mengirimkan keseluruhan kontak tersebut melalui Whatsapp atau Telegram.

Namun, ada cara lain yang lebih cepat, yaitu Anda dapat membuka aplikasi kontak dan membagikan kontak yang dimaksud dan menyentuh smartphone secara bersamaan dan pilih untuk mengirim kontak tersebut. Kontak yang Anda kirim tersebut akan otomatis tersimpan pada daftar kontak pada perangkat orang yang memintak kontak tersebut.

Kirim Gambar atau Video

Untuk mengirim gambar, Anda bisa menyalakan NFC pada perangkat pengirim dan penerima. Lalu kedua perangkat tersebut perlu ditempelkan pada bagian punggung smartphone masing-masing dan gambar atau video pun akan terkirim sesegera mungkin setelah Anda klik tombol send / kirim.

Kirim Dokumen

Nah, untuk mengirimkan dokumen seperti Word, PDF, Excel dan lainnya, Anda bisa menggunakan Android Beam. Caranya sangat mudah, Anda bisa buka menu setting > share > Android Beam. Tempelkan masing-masing punggung smartphone satu sama lain dan dokumen yang Anda maksud pun sudah berpindah perangkat.

Nah, demikianlah pengertian dan manfaat dari NFC yang bisa Anda ketahui. Nantikan beragam informasi menarik lainnya di artikel kami.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat dari NFC"