Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

 

Halaman ini akan memberi Anda informasi mengenai manfaat menggunakan influencer marketing.

Vinz-Prasetyo - Pemasaran atau marketing merupakan hal yang sangat diperlukan pada sebuah bisnis, apapun bisnis yang dijalankan. Ya, pemasaran membuat sebuah bisnis bisa bertumbuh karena dengan adanya pemasaran, maka penjualan produk bisa terjadi. Bila penjualan bisa terjadi, maka pebisnis memiliki dana untuk mengembangkan usahanya.

Nah, pada dasarnya, ada beragam cara pemasaran. Anda bisa pilih untuk melakukan pemasaran secara konvensional seperti mendirikan toko dan terjun ke lapangan, atau menggunakan digital marketing dan influencer. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri tentunya.

Nah, berbicara soal pemasaran menggunakan influencer, apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan? Nah, pada artikel ini akan dibahas beragam manfaat menggunakan influencer marketing bagi bisnis Anda dan alasan mengapa banyak pebisnis menggunakan jasa influencer.

10 Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

Produk Anda Menjadi Pusat Perhatian

Pada dasarnya, ada beragam alasan mengapa seseorang bisa menjadi influencer. Baik karena kontennya menarik, penampilannya yang baik, sering mengiklankan barang yang berguna dan sebagainya. Nah, dengan seseorang menjadi pusat perhatian, maka apa yang dia lakukan dan pakai bisa ikut menjadi pusat perhatian.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat produk Anda juga menjadi pusat perhatian. Caranya adalah meminta si influencer untuk menggunakan produk Anda atau minimal produk Anda berada di tempat strategis dalam frame kamera sehingga banyak orang bisa menyadari keberadaan produk Anda dalam video si influencer.

Produk Anda Bisa Dipercaya

Tampaknya, seseorang akan tidak mau menjadi kelinci percobaan untuk penggunaan sebuah produk baru, terlebih dari brand yang masih baru. Maka dari itu, bila seseorang melihat sudah ada orang yang menggunakannya dan orang tersebut merupakan orang yang berpengaruh, maka brand dan produk Anda bisa mudah dipercaya banyak orang.

Dan Anda tentu paham efek dari kepercayaan yang meningkat. Ya, penjualan Anda bisa melonjak tajam beberapa waktu setelah influencer memosting video promosi produk Anda. Bahkan, bila Anda menggunakan jasa influencer profesional, si influencer akan memberi Anda masukan dan membuat konsep video yang menarik, baik itu secara soft selling atau hard selling.

Produk Anda Semakin Banyak Dikenal Orang

Seperti yang sudah Anda ketahui, seorang influencer memiliki pengikut di media sosial dengan jumlah yang sangat banyak. Beberapa influencer bahkan bisa mencapai sejuta pengikut di akun sosial medianya.

Dengan begitu, bila Anda menggunakan jasa endorsement dari seorang influencer yang memiliki sejuta pengikut, tentu saja produk Anda akan diketahui oleh sejuta pengikut influencer tersebut.

Malah, tidak hanya terbatas itu saja. Algoritma sosial media seringkali akan menampilkan video si influencer tersebut pada orang lain yang bukan pengikut si influencer tersebut. Dengan begitu, maka produk Anda akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan penjualan.

Meningkatkan Brand Awareness

Apa itu Brand Awareness? Singkatnya, brand awareness merupakan kesadaran seseorang akan merk atau brand Anda. Atau dengan kata lain, seberapa kuat sebuah brand bisa melekat dalam pikiran banyak orang. Semakin kuat sebuah brand melekat pada pikiran banyak orang, maka akan semakin besar kemungkinan brand tersebut bertumbuh dan menjadi besar.

Nah, dengan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk Anda, maka ada kemungkinan besar brand Anda bisa menjadi besar, semakin terkenal dan otomatis juga semakin membuat banyak orang membeli produk yang Anda miliki.

Terlebih bila produk Anda memiliki ciri khas atau keunggulan yang unik, hal tersebut akan membuat Anda semakin berhasil meningkatkan sebuah brand awareness bisnis Anda.

Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Anda tentu merasakan betapa mudahnya mencari sebuah informasi di internet. Hal tersebut membuat Anda juga ingin mencari informasi sebuah produk dari internet. Maka dari itu, dengan menggunkan jasa influencer, maka Anda bisa membuat produk atau brand Anda bisa terasa lebih dekat dengan target pasar Anda.

Dengan menggunakan jasa influencer yang profesional, produk Anda bisa semakin terkenal dan karena semakin terkenal, maka tidak sedikit orang yang berminat pada produk Anda. Dan hasil akhirnya, produk Anda bisa memperoleh banyak penjualan yang akan meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Tidak Membutuhkan Dana yang Besar

Bisa jadi, Anda sering mendengar beberapa influencer yang mematok harga yang sangat tinggi untuk mempromosikan sebuah produk. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang menakutkan bagi Anda, terlebih bila bisnis Anda masih seumur jagung dan dana Anda terbatas. Dan pada akhirnya Anda mengurungkan niat untuk menggunakan jasa influencer.

Namun, jangan khawatir. Influencer sudah menjadi pekerjaan impian banyak orang, khususnya anak muda. Dengan begitu, mereka mau mematok harga yang murah untuk mempromosikan sebuah produk agar mereka memiliki portofolio dan meningkatkan para pengiklan.

Nah, hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda dengan jasa influencer tanpa biaya yang tinggi.

Menambah Koleksi Testimoni

Masih ingat dengan manfaat menggunakan jasa influencer yang salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan? Ya, konten promosi yang dibuat oleh influencer tentunya akan membuat brand Anda semakin dipercaya. Namun, disisi lain, hal tersebut bisa dimaksimalkan dengan menjadikannya sebagai testimoni.

Ya, testimoni merupakan pengalaman pengguna yang dibagikan untuk meningkatkan image orang akan suatu produk. Dan konten promosi yang dibuat oleh para influencer bisa Anda jadikan sebuah testimoni. Orang yang melihat testimoni tersebut akan tergerak untuk membeli produk Anda karena melihat seorang tokoh terkenal sudah menggunakan produk Anda terlebih dahulu.

Hal tersebut akan menyingkirkan keraguan orang tersebut akan produk Anda dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Sangat menarik, kan?

Memperluas Pangsa Pasar

Pangsa pasar perlu diperluas bila Anda ingin bisnis yang sedang Anda jalankan bisa berkembang besar. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan jasa endorsement dari influencer untuk mewujudkannya. Ya, followers atau pengikut mereka di sosial media yang banyak membuat produk Anda semakin terkenal.

Dengan semakin terkenalnya produk bisnis Anda, maka kemungkinan brand Anda untuk semakin dikenal banyak orang akan menjadi semakin luas. Dengan begitu, penghasilan Anda bisa meningkat dan perlu Anda imbangi dengan produksi yang semakin meningkat pula. Ya, produksi produk yang meningkat bisa mengimbangi permintaan pasar yang semakin membeludak.

Memperbanyak Followers

Anda perlu ingat bahwa trend influencer sebagai jasa promosi produk Anda bisa berhasil karena followers mereka yang banyak sekali. Nah, Anda bisa memperbanyak followers sosial media Anda dengan menggunakan jasa influencer. Semakin sering menggunakan jasa influencer, maka semakin besar kemungkinan Anda melihat peningkatan jumlah followers sosial media bisnis Anda.

Bila Anda sudah memiliki banyak sekali followers, tentu saja Anda sudah bisa mempromosikan produk Anda tanpa perlu membayar influencer lagi. Dengan kata lain, Anda bisa mempromosikan produk Anda secara gratis. Lagi pula, jumlah followers yang banyak pada sosial media Anda bisa menjadi pembeda yang jelas antara akun palsu dan akun asli bisnis Anda.

Dari situ, Anda bisa melihat betapa seriusnya menggunakan jasa influencer, kan?

Memudahkan dalam Pengembalian Modal

Apapun bisnis yang Anda jalankan, tentu saja membutuhkan modal yang bisa jadi tidak sedikit sehingga Anda juga ingin mendapatkan modal Anda kembali lewat keuntungan yang Anda peroleh dari penjualan. Maka dari itu, sisi pemasaran bisnis Anda perlu ditingkatkan lagi. Dan salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan jasa influencer.

Ya, dengan banyaknya orang mengetahui produk Anda melalui satu atau beberapa influencer, maka Anda akan memperoleh banyak kepercayaan, pengenalan produk dan pemancing penjualan. Dengan ketiga hal tersebut, produk Anda bisa cepat laku dan Anda pun bisa memperoleh banyak keuntungan yang bisa mempercepat Anda balik modal dalam waktu yang relatif singkat.

Dan fakta di lapangan membuktikan bahwa jasa endorsement dari  influencer menjadi pilihan utama banyak pebisnis karena itu bisa lebih membantu mereka mendapatkan kembali modal awal bisnis mereka dibandingkan menggunakan iklan banner yang biasanya Anda lihat pada Youtube atau situs web.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai beragam manfaat menggunakan influencer marketing yang bisa Anda rasakan. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Menggunakan Influencer Marketing"