Cara Mengunci Folder di Windows

 

Halaman ini akan memberi Anda informasi seputar cara mengunci folder di Windows.

Vinz-Prasetyo - Faktor keamanan selalu menjadi bahan pemikiran banyak orang. Dari tempat tinggal dan barang berharga, semuanya membutuhkan keamanan agar terjaga. Bahkan, barang-barang digital seperti file yang tersimpan di komputer pun butuh juga diamankan. Hal tersebut sering menimbulkan pertanyaan soal bagaimana agar file yang ada di komputer bisa aman.

Ternyata, ada cara untuk mengamankan file yang Anda simpan dalam komputer, yaitu dengan mengunci layar komputer dan membutuhkan password untuk membukanya. Namun, bagaimana untuk mengamankan file ketika layar komputer Anda sedang menyala? Nah, pada artikel ini kami akan memberikan cara mengunci folder di Windows yang tentu akan membuat file Anda aman.

Simak caranya berikut ini.


2 Cara Mengunci Folder di Windows yang Perlu Anda Ketahui

Mengunci Folder di Windows dengan Enkripsi

Cara pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan enkripsi. Enkripsi ini seperti mengunci rumah sekaligus barang yang ada di dalamnya. Dengan begitu, orang lain tidak akan bisa membuka folder Anda sekaligus tidak bisa melihat file yang ada di dalamnya keculai Anda memberikan aksesnya.

Cara yang satu ini bisa Anda terapkan pada beragam operating system Windows, seperti Windows 7, 8, hingga 10. Simak caranya berikut ini.

  1. Silakan buka Windows Explorer dan dokumen yang ingin Anda kunci
  2. Cari foldernya dan arahkan cursor atau panah mouse ke folder yang ingin Anda amankan.
  3. Bila sudah menemukan folder yang akan Anda kunci, silakan Anda kilk kanan pada mouse lalu klik properties. Setelah itu puluh tombol advanced.
  4. Kemudian akan muncul beberapa kotak kecil yang perlu Anda centang. Maka, Anda perlu pilih kotak bertuliskan ‘Encrypt content to secure data’. Sehabis itu Anda bisa pilih OK dan Apply.
  5. Pada tahap ini, Windows akan menanyakan Anda perihal untuk mengunci foldernya saja atau sekaligus file yang ada di dalamnya. Maka Anda bisa pilih enkripsi folder secara keseluruhan agar semua file yang ada di dalamnya bisa aman.
  6. Hasil akhir dari cara yang pertama ini adalah munculnya logo kunci berwarna kuning pada ikon file tersebut yang menandakan file tersebut sudah terkunci.

Pada tahap ini, Anda bisa menambahkan file baru ke dalam folder tersebut. Dan saat file tersebut masuk ke dalam folder yang ter-enkripsi tersebut, maka file yang baru masuk akan terkunci secara otomatis ditandai dengan munculnya logo kunci kuning pada icon file tersebut.

Mengunci Folder dengan Password

Nah, cara ini bisa jadi Anda sangat suka karena Anda bisa membuat keamanan folder pada komputer Anda seperti brankas atau lainnya dengan memberikan password. Namun, cara ini sangat beresiko karena bila Anda lupa password, maka akan sulit bahkan hampir mustahil untuk terbuka. Maka dari itu, siapkan kertas atau catatan untuk mencatat password folder tersebut.

Lalu bagaimana caranya membuat folder aman dengan kombinasi password tertentu? Berikut ini caranya :

  1. Pertama, Anda perlu buka Windows Explorer atau tempat dimana folder tersimpan
  2. Setelah menemukan folder yang akan Anda kunci, arahkan cursor lalu klik kanan dan pilih tombol Add to archive.
  3. Sehabis itu, Anda akan melihat jendela pengaturan archive muncul seperti popup. Nah, Anda bisa pilih menu Zip dan lalu set passsword untuk mengunci folder yang Anda maksud.
  4. Setelah itu, Anda bisa tentukan password yang Anda inginkan. Pastikan password yang Anda buat tidak mudah ditebak. Maka dari itu, hindari password yang mengandung tanggal lahir, tanggal kelulusan atau pernikahan dan sebagainya yang sekiranya banyak orang ketahui.
  5. Bila sudah selesai mengatur password, maka Anda bisa klik OK dan proses archive pun berjalan.
  6. Bukti bahwa cara yang Anda lakukan berhasil adalah ketika folder tersebut berubah menjadi Zip.

Nah, pada tahap tersebut, folder yang Anda kunci sudah berhasil terkunci. Untuk membukanya kembali, Anda hanya perlu memasukan password yang sudah Anda atur tadi.

Nah, demikianlah cara mengunci folder di Windows yang bisa Anda ketahui. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Folder di Windows"