Simak Pengertian ROI dan Cara Menghitungnya

 

Halaman ini akan memberi Anda pengertian ROI dan cara menghitungnya.

Vinz-Prasetyo - Bila Anda sudah mencemplungkan uang Anda dalam salah satu instrumen investasi, tentu saja itu berarti Anda siap untuk mengalami kerugian. Meski begitu, tetap saja seseorang yang berinvestasi memiliki peluang yang besar untuk memperoleh untung. Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari investasi merupakan hasil dari instrumen investasi yang tepat.

Berbicara soal keuntungan, terdapat istilah ROI atau Return of Investement. Hal ini perlu Anda ketahui bila ingin bergabung dalam dunia investasi. Lantas, apa pengertian ROI dan bagaimana Anda bisa menghitung ROI pada portofolio investasi Anda. Nah, berikut ini kami berikan penjelasan yang baik soal pengertian ROI dan cara menghitungnya.


Pengertian ROI atau Return of Investment

Apa itu ROI? ROI merupakan singkatan dari Return of Investment yang merupakan hasil dari besaran persen profit yang bisa Anda peroleh dari seluruh aset investasi Anda. Di sisi lain, ROI juga bisa berarti seberapa besar kesuksesan seseorang atau sebuah perusahaan dalam menaruh dananya pada sebuah instrumen investasi.

Sebuah perusahaan pun juga berinvestasi dan ada 2 hal yang memengaruhi keputusan sebuah perusahaan apakah akan melanjutkan investasinya atau tidak. Pertama, ketika rumus ROI menampakkan hasil yang positif, maka tentu saja investasi tersebut perlu diteruskan. Namun, b ila sebaliknya, tentu perlu berhenti agar tidak menimbulkan kerugian.


Cara Menghitung ROI

Dalam sebuah investasi, tentunya ada tanggung jawab dari pihak investor untuk membayar pajak. Hal itu karena memang ROI merupakan hasil yang diperoleh dari investasi yang melibatkan perusahaan dan negara. Secara umum, terdapat perhitungan ROI yang dikenakan pajak sebesar 0,1% dari bruto penjualan saham.

Dengan begitu, rumus untuk menghitung ROI adalah :

ROI = laba bersih setelah dipotong pajak : total aktiva x 100%

Untuk mempermudahnya, silakan Anda simak salah satu contoh kasus berikut ini :

Misalnya Anda adalah seorang investor yang menanam modal pada sebuah restoran seafood yang pada bulan Juli mendatang memiliki keuntungan bersih sebesar 56 juta rupiah. Di sisi lain, di restoran tersebut Anda sudah menggelontorkan dana sebesar 500 juta rupiah. Dengan begitu, berapa besaran ROI yang akan Anda peroleh?

Rumus ROI = laba bersih setelah dipotong pajak : total aktiva x 100%

56.000.000 : 500 juta x 100%

= 0,112 x 100%

= 11,2%

Dengan begitu, Anda akan memperoleh ROI sebesar 11,2% atau 56 juta rupiah. Dengan keuntungan yang Anda dapatkan tersebut, hal itu menandakan bahwa tempat Anda berinvestasi sedang sehat dan layak untuk Anda teruskan. Bila Anda teruskan, bisa jadi ROI yang akan Anda peroleh bisa meningkat dari waktu ke waktu.


Faktor yang Mempengaruhi ROI

Setelah mengetahui pengertian ROI dan bagaimana cara menghitungnya, bisa jadi Anda bertanya faktor apa yang mempengaruhi besaran ROI. Ya, karena faktanya, keberhasilan dan kegagalan Anda tidak terjadi begitu saja. Terdapat setidaknya dua hal yang menentukan apakah investasi Anda gagal atau berhasil. Nah, berikut ini adalah dua hal yang memengaruhi besaran ROI.

Siklus Perputaran Operating Assets

Siklus perputaran operating assets juga bisa disebut sebagai aktiva operasional. Beberapa contoh dari aktiva operasional adalah seperti gedung, uangm alat, hak paten dan hal lainnya yang mana akan mempengaruhi jalannya ekonomi sebuah perusahaan.

Nah, Anda bisa melihat seberapa sehat dan potensialnya sebuah usaha untuk memberikan keuntungan Anda dengan memperhatikan aset operasional yang dimilikinya. Seperti misalnya Anda ingin berinvestasi pada sebuah perusahaan produksi kain atau garment. Nah, apakah aset operasionalnya, seperti mesin dan gedungnya terawat dan menggunakan teknologi yang maju atau malah sebaliknya?

Profit Margin

Profit margin atau besar rasio laba dan pejualan merupakan penentu kedua pendapatan ROI Anda. Bila Anda memperhatikan rumus menghitung ROI di atas, Anda akan menyimpulkan bahwa semakin besar profit margin yang dihasilkan oleh tempat Anda berinvestasi maka semakin besar pula ROI yang akan Anda peroleh, begitu pula sebaliknya.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai pengertian ROI dan cara menghitungnya. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Simak Pengertian ROI dan Cara Menghitungnya"