Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bermasalah

 

Halaman ini akan menampilkan cara memperbaiki mesin cuci yang bermasalah.

Vinz-Prasetyo - Majunya teknologi membuat beragam pekerjaan menjadi semakin mudah, salahs satunya adalah pekerjaan mencuci pakaian. Dahulu, mencuci pakaian mengharuskan seseorang untuk menguceknya menggunakan tenaga tangan yang mana akan sangat melelahkan dan juga membutuhkan waktu yang lama. Namun sekarang bisa lebih cepat dan ringan karena hadirnya mesin cuci di banyak rumah.

Meski begitu, apa jadinya bila mesin cuci tersebut rusak? Tentu saja Anda tidak bisa mencuci baju dengan mesin cuci. Anda harus menggunakan tenaga tangan yang notabene merepotkan terlebih ada banyak kegiatan lain yang juga harus Anda kerjakan. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki mesin cuci berdasarkan masalahnya.

Beberapa Masalah pada Mesin Cuci dan Cara Memperbaikinya

Mesin Cuci Tidak Berputar

Seperti yang kita semua ketahui bahwa mesin cuci membutuhkan tenaga putar untuk membersihkan semua pakaian kita. Maka dari itu, bila mesin cuci gagal berputar, maka pakaian kita tidak akan bisa bersih. Nah, ada beberapa penyebab mengapa mesin cuci tidak mau berputar, berikut cara memperbaikinya.

  1. Banyak Muatan , banyak muatan atau terlalu banyak pakaian yang Anda masukkan dalam waktu bersamaan bisa menjadi penyebab mengapa mesin cuci tidak berputar. Solusi untuk mengatasinya tentu adalah dengan mengurangi pakaian yang Anda masukkan tadi dan memasukkannya kembali ketika cucian baju yang pertama sudah selesai.
  2. Kabel Dinamo Putus , putusnya kabel dinamo bisa karena digigit tikus atau karena sudah tua. Anda tentu paham bahwa tikus sangat suka menggigit benda-benda tertentu dan membuatnya rusak, meski barang tersebut dialiri listrik. Nah, untuk menyelesaikan masalah tersebut, mengganti kabel listrik dengan yang baru merupakan solusi terbaik.
  3. Tali Karet Mengendur , tabung berputar biasanya digunakan untuk mengeringkan pakaian. Bila tabung tidak berputar, tentu saja pakaian tidak bisa kering. Penyebab tabung tidak bisa berputar karena tali karet yang menyambungkan dinamo dengan tabung kendur. Solusi yang bisa Anda ambil adalah mengeratkan karet tersebut kembali. Jaga agar tidak terlalu tegang agar tidak putus.
  4. Dinamo yang Macet , dinamo bisa jadi macet membuat mesin cuci tidak bisa berputar. Dinamo yang macet biasanya disebabkan oleh as dinamo yang kotor. Maka dari itu, Anda bisa bersihkan as agar terbebas dari kotoran dan mesin cuci bisa berjalan normal kembali.
  5. Lid Switch Rusak , kegunaan lid switch pada mesin cuci adalah untuk mendeteksi apakah tutup mesin cuci sudah tertutup atau masih terbuka. Hal ini penting karena ada mesin cuci yang tidak mau bergerak bila tutupnya masih terbuka. Bila lid switch rusak, maka mesin cuci menganggap tutupnya masih terbuka meski dalam keadaan tertutup. Alhasil, mesin cuci tidak mau bergerak. Solusi yang perlu Anda ambil tentu saja dengan mengganti dengan lid switch yang baru dan normal.

Kapasitor Bermasalah

Kapasitor yang bermasalah akan mempengaruhi pergerakan mesin cuci. Karena kapasitor memiliki fungsi memberikan aliran listrik saat mesin cuci pertama kali dinyalakan dan memberikan tenaga tambahan. Bila kapasitor rusak, tentu saja kinerja mesin cuci sangat tidak maksimal. Maka dari itu, Anda perlu memperbaikinya.

Namun, Anda perlu memastikan dahulu apakah benar kapasitornya yang rusak. Cara memastikannya adalah dengan menggunakan kabel ohm-meter. Bila jarum pada ohm meter tidak bergerak ketika kabelnya disambungkan pada kapasitor, itu berarti kapasitor memang rusak. Anda perlu mengganti kapasitor mesin cuci dengan cara berikut ini :

  • Pertama, cabut kabel mesin cuci dari stop kontak untuk keamanan kerja Anda
  • Kemudian, Anda perlu buka kabinet yang posisinya di belakang mesin cuci.
  • Ambil kapasitor yang rusak tersebut dari belakang mesin cuci
  • Letakkan dan sambungkan kembali kapasitor yang baru
  • Tutup kembali kabinet mesin cuci
  • Coba nyalakan kembali mesin cuci tersebut.

Bila Anda sudah mengikuti tutorial di atas dan berhasil, selamat, Anda bisa menggunakan mesin cuci Anda seperti semula. Namun bila masih tidak menyala, maka Anda perlu cek apakah adalh sambungan yang lupa Anda sambungkan kembali.

Nah, demikianlah beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang bermasalah. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bermasalah"