6 Langkah Cara Jual Beli Barang Bekas

 

Halaman ini akan memberi tahu Anda soal 6 langkah cara jual beli barang bekas.

Vinz-Prasetyo - Zaman sekarang, sudah banyak orang yang memilih untuk membeli barang bekas. Hal ini bisa terjadi karena banyak orang memandang bahwa masih banyak barang bekas dengan kualitas yang tidak jauh dari versi barunya. Terlebih bila banyak barang bekas masih tampil cantik dan seperti baru, tentu saja orang akan memilih barang tersebut.

Ya, dengan keadaan semacam itu, Anda jadi punya ide bisnis yang masih jarang orang melakoninya. Anda bisa berbisnis barang bekas, seperti jaket, baju, celana, dan bahkan sampai barang elektronik. Namun, sama seperti bisnis lainnya, Anda tidak bisa serta merta langsung sukses menjalankannya. Maka dari itu, berikut ini kami berikan 6 langkah cara jual beli barang bekas.


6 langkah Cara Jual Beli Barang Bekas

Menyiapkan dan Menyortir Barang

Menyiapkan dan menyortir barang merupakan langkah awal yang wajib Anda lakukan ketika mau memulai bisnis, khususnya yang berhubungan dengan berdagang. Terlebih karena Anda menjual barang bekas, tentu saja barang tersebut akan hadir dengan beragam kondisi.

Nah, tugas Anda adalah menyeleksi barang mana saja yang layak untuk dijual dan tidak. Anda juga bisa menetapkan harga yang berbeda untuk masing-masing kondisi barang bekas tersebut. Dari situ biasanya seorang pedagang barang bekas mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

Menetapkan Harga Jual yang Masuk Akal

Harga jual seringkali menjadi faktor yang mempengaruhi apakah seseorang akan membeli barang tersebut atau tidak. Selain itu, harga jual juga menentukan seberapa banyak keuntungan yang Anda peroleh. Maka dari itu, untuk memperoleh pembeli, Anda tidak disarankan menetapkan harga yang terlalu tinggi untuk sebuah barang bekas.

Dan Anda juga jangan menetapkan harga yang terlalu rendah. Mengapa? Karena harga yang terlalu rendah akan menghancurkan harga pasaran dan keuntungan yang Anda peroleh akan tipis. Hal tersebut sangat berbahaya ketika bisnis Anda surut atau ada kejadian yang tidak terduga.

Menentukan Lokasi yang Tepat

Apapun bisnis yang sedang Anda jalani dan jenis barang seperti apa yang Anda tawarkan, menentukan tempat untuk berjualan tentu sangatlah penting. Lokasi yang tepat belum tentu berarti tempat itu ramai dan banyak orang berlalu lalang di situ. Lokasi yang tepat juga bisa berarti lokasi dekat banyak target pasar Anda berada.

Seperti misalnya bila Anda menjual pakaian bekas dengan model dan tampilan yang cukup trendy, tentu saja berjualan di dekat kampus atau kos-kos anak kuliahan akan lebih menguntungkan daripada di pasar atau pinggir jalan.

Melakukan Promosi Secara Langsung

Melakukan promosi secara langsung berarti Anda terlibat langsung dalam proses marketingnya. Anda dituntut bisa mengundang minat banyak orang untuk membeli barang yang Anda tawarkan. Beberapa cara dan inovasi bisa Anda lakukan, seperti menggunakan poster, spanduk, brosur dan media promosi lainnya yang sekiranya efektif.

Dengan promosi secara langsung, orang jadi bisa melihat siapa penjualnya dan seperti apa barang yang Anda tawarkan. Hal tersebut bisa memancing seseorang untuk membeli atau setidaknya sekedar melihat dan meramaikan lapak Anda. Dengan begitu, banyak orang akan terpancing untuk menghampiri lapak Anda dan membeli barang yang Anda jual.

Lakukan Promosi di Sosial Media

Setelah melakukan promosi secara langsung, ada baiknya juga Anda mempromosikan menggunakan sosial media. Ya, sosial media merupakan platform yang tepat untuk menjangkau lebih banyak orang. Bila mempromosikan secara langsung, Anda hanya akan menjangkau orang-orang di sekitar lapak Anda saja, dengan sosial media ada jauh lebih banyak orang yang bisa Anda jangkau.

Cobalah Menjalin Kerja Sama dengan Pihak Lain

Bila bisnis Anda berkembang, tentu saja volume penjualan akan meningkat. Dengan begitu, stok barang yang perlu Anda sediakan juga harus memadai. Maka dari itu, untuk mencegah kehabisan barang saat berjualan, Anda perlu menjalin kerja sama dengan pihak lain. Dalam hal ini, pihak lain berarti supplier yang bertanggung jawab.

Dengan menjalin kerja sama dengan pihak yang tepat, maka perputaran bisnis Anda bisa terjaga dan pembeli pun bertambah.

Nah, demikianlah artikel kami tentang 6 langkah cara jual beli barang bekas. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "6 Langkah Cara Jual Beli Barang Bekas"