3 Macam Cara Membersihkan Cache di Iphone

 

Halaman ini akan menampilkan 3 macam cara membersihkan cache di Iphone.

Vinz-Prasetyo - Sebagai pengguna Iphone yang aktif, tentu Anda pernah merasakan hp Iphone Anda penuh memorinya sehingga Anda kesulitan dalam menyimpan file lainnya. Selain kesulitan dalam menyimpan file, seperti foto dan video, Anda juga merasakan bahwa hp Iphone Anda sudah menjadi lemot dan berat.

Hal itu tidak heran karena memang Iphone tidak menyediakan fitur slot kartu memori eksternal seperti Android. Bila sudah lemot dan berat, tentu saja sulit bagi Anda untuk beraktivitas dalam hp Anda dan kinerja Anda pun menjadi lambat. Dan satu hal yang pasti, rasa jengkel Anda pun bisa juga memuncak.

Maka dari itu, hp Iphone Anda perlu dibersihkan dari cache yang memenuhi memori Anda. Maka, bagaimana cara membersihkan cache di Iphone? Berikut ini caranya.


Apa Itu Cache?

Secara sederhana, cache merupakan “jejak” penggunaan sebuah aplikasi pada sebuah perangkat. Seperti misalnya aplikasi yang Anda gunakan, semakin sering Anda gunakan maka akan semakin banyak cache yang di dalam aplikasi tersebut. Dengan semakin membengkaknya ukuran cache tersebut, maka semakin besar cachenya, semakin besar juga ukuran aplikasi tersebut.

Dan hasilnya, semakin besar ukuran aplikasi tersebut, maka semakin berat perangkat yang menjalankannya. Dengan begitu, cache perlu dihapus dengan 3 cara berikut ini.


3 Cara Membersihkan Cache di Iphone

Setidaknya, ada 3 cara yang bisa Anda terapkan untuk menyingkirkan cache pada Iphone Anda. Dan masing-masing cara tersebut tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga atau dengan kata lain, Anda tidak perlu download aplikasi pembersih dan semacamnya.

Menggunakan Browser Safari

Apa itu browser Safari? Browser Safari merupakan browser bawaan dari Iphone. Memiliki UI atau User Interface yang cukup menarik. Dengan banyaknya pengguna Iphone di seluruh dunia membuat browser ini juga ikut populer.

Nah, selain untuk berselancar di internet, Anda bisa memanfaatkan browser Safari untuk menghapus cache di Iphone Anda. Begini caranya membersihkan cache di Iphone dengan browser Safari.

  1. Buka menu setting di Iphone. Dan cari aplikasi Safari lalu klik itu.
  2. Kemudian akan muncul tab Privacy & Security dan Anda bisa pilih Clear History & Website data
  3. Setelah Anda klik itu, akan muncul pop up untuk memastikan apakah Anda benar-benar ingin menghapus cache pada Iphone Anda. Maka Anda perlu klik lagi Clear History and Data.

Bila Anda sudah mengikuti semua langkah di atas, maka cache pada Iphone Anda akan bersih dan penyimpanan pun lega. Peforma Iphone Anda pun juga kembali lancar.

Melalui File Data Aplikasi

Nah, setelah Anda sukses membersihkan cache Iphone menggunakan browser Safari, Anda bisa pilih menghapus cache melalui file data aplikasi. Karena seperti yang kita ketahui, setiap aplikasi yang pernah dan bahkan sering digunakan menyimpan data-data tertentu. Maka dari itu, hal tersebut membuat cache Iphone penuh dan perlu dihapus. Begini cara menghapusnya.

  1. Pertama, buka menu setting dan pilih menu general
  2. Kemudian Anda bisa tekan Iphone Storage dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang ada di Iphone Anda. Informasi seperti detail aplikasi hingga tanggal kapan terakhir digunakan akan muncul di situ
  3. Dari informasi tersebut, Anda bisa memilih aplikasi dengan file data yang paling besar saja.
  4. Coba Anda klik aplikasi tersebut dan klik tombol offload App. Nanti akan muncul pop-up konfirmasi dan Anda klik tombol offload App untuk menghapus data pada aplikasi tersebut.
  5. Setelah itu cache pun bisa hilang dan Iphone Anda semakin lancar lagi.

Anda bisa tentukan mana aplikasi yang perlu Anda offload app dengan mengikuti langkah di atas tadi. Dan selanjutnya, Anda bisa lakukan penghapusan cache menggunakan metode restart perangkat.

Dengan Restart Perangkat

Langkah terakhir dan yang paling mudah dari ketiga tutorial menghapus cache adalah restart perangkat. Ya, Anda tentu tidak asing dengan caranya. Anda bisa mematikan Iphone Anda dan hidupkan kembali. Maka hasilnya Anda akan merasakan Iphone Anda lebih enteng dari sebelumnya.

Nah, demikianlah cara membersihkan cache di Iphone. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "3 Macam Cara Membersihkan Cache di Iphone"