Cara Membuat Banner Promosi dengan Canva

 


Halaman ini akan menampilkan urutan cara membuat banner promosi dengan Canva.

Vinz-Prasetyo - Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar banner promosi online? Bisa jadi Anda membayangkan pembuatannya yang sulit, harganya mahal dan membutuhkan software premium seperti produk Adobe Photoshop, Corel Draw dan sebagainya. Namun nyatanya, Anda tetap dapat membuat banner promosi yang menarik menggunakan Canva.

Ya, Anda tidak salah baca, Canva mulai mengenalkan namanya lewat aplikasi mobile seperti Android dan berhasil mendapatkan banyak penggemar. Dan sekarang, Canva melebarkan sayapnya dengan meluncurkan situs webnya sendiri. Dan dengan membuat situs webnya, maka Canva bisa Anda gunakan di perangkat mana pun selama terhubung dengan internet.

Nah, Canva bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat banner dengan biaya nol rupiah alias gratis. Meski begitu, Canva tetap menawarkan akun premium yang mana memberi Anda kesempatan untuk membuat banner yang lebih menarik.

Jadi, bagaimana cara membuat banner promosi dengan Canva? Berikut ini adalah cara dan langkahnya.


5 Langkah Cara Membuat Banner Promosi dengan Canva

Perlu dicatat, bahwa tutorial ini ditujukan untuk membuat banner menggunakan website Canva. Namun dalam penerapannya tidak jauh dari aplikasi Canva.

Kunjungi Canva.com

Karena berupa situs web, Anda bisa membuat desain banner menggunakan perangkat dengan layar yang jauh lebih lebar dari smartphone, seperti laptop atau komputer. Seperti catatan sebelumnya, Anda tetap bisa membuatnya dari hp.

Hanya saja, bila menggunakan perangkat dengan layar yang lebar seperti laptop dan komputer, Anda jadi lebih nyaman, pembuatan lebih lancar dan Anda bisa membuat bagian yang detail dengan mudah menggunakan layar lebar.

Dan karena menggunakan situs web, maka Anda tidak diminta mengunduh apapun. Cukup buka browser dan kunjungi Canva.com .

Pilih Ukuran Khusus

Sebelum bisa membuat banner di Canva, Anda perlu login terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan login, yaitu menggunakan email & password, akun Google dan akun media sosial. Namun, bila Anda sebelumnya sudah pernah login, tentunya langkah tersebut akan dilewati secara otomatis.

Bila sudah masuk halaman depan website Canva.com, Anda bisa pilih menu “Ukuran khusus” dan tentukan ukuran banner yang ingin Anda buat. Bila Anda berencana untuk mencetaknya menjadi banner fisik, maka Anda bisa ubah ukuran pixel menjadi sentimeter atau cm.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa ukuran maksimal banner yang bisa dibuat di platform Canva adalah 201 x 87 cm atau 2 m x 0,8 m . Ya, Anda bisa membuat banner fisik yang sangat besar dan cocok dipasang di pinggir jalan. Dan menariknya, bila Anda perbesar gambar Anda, maka gambarnya tidak akan pecah.

Pilih atau Upload Foto, Gambar dan Logo Spanduk

Banner yang menarik tentu tidak dibiarkan putih bersih begitu saja. Anda perlu menambahkan tulisan dan gambar yang sesuai dan menarik. Maka dari itu, Anda bisa mengupload gambar, foto dan logo sesuai selera Anda.

Namun, Canva juga menyediakan beragam pilihan gambar, logo dan ilustrasi yang bisa Anda coba. Beberapa properti tersebut gratis, namun tidak sedikit pula yang berbayar. Anda bisa pilih beberapa yang menurut Anda menarik dan elegan.

Bila pada gambar yang Anda upload memiliki latar belakang dan Anda ingin menghapusnya, Canva juga menyediakan fitur tersebut. Ya, ada banyak fitur menarik yang Canva sediakan, dan Anda bisa memilih beberapa dari itu untuk kebutuhan desain banner promosi Anda.

Kolaborasikan Warna, Tulisan dan Ilustrasi pada Banner Promosi Anda

Bila semua properti sudah siap, maka Anda bisa menggabungkan semua pada media yang sudah disediakan. Anda bisa memilih warna, logo dan gambar yang sudah Anda tentukan tadi. Setelah itu Anda juga dapat menyesuaikan penempatan, ketajaman warna dan gambar serta sebagainya.

Pastikan semua warna tampak serasi agar bisnis Anda tampak profesional di mata para audience, khususnya para target pasar Anda.

Download Hasil Desain Banner Anda

Bila sudah mendapatkan hasil yang menarik, Anda bisa mulai mengunduhnya. Anda bisa pilih format .png untuk hasil yang jelas dan terjaga kualitasnya namun ukuran file yang juga besar. Ada pula format .jpg yang ukurannya lebih kecil namun kualitas jelas di bawah PNG.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai cara membuat banner promosi dengan Canva. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Banner Promosi dengan Canva"