6 Perbedaan SSD dan Harddisk, Mana yang Unggul?

 

Halaman ini akan menampilkan 6 perbedaan SSD dan Hardsik.
Vinz-Prasetyo - Memiliki perangkat komputer dan laptop yang berspesifikasi mumpuni merupakan salah satu idaman banyak orang, khususnya bagi mereka yang membutuhkannya untuk bekerja. Maka dari itu, ada banyak sekali penyesuaian dan peningkatan beberapa komponen komputer dan laptop untuk meningkatkan peforma perangkat berlayar lebar ini, salah satunya SSD.

Tentunya Anda tidak asing dengan SSD. SSD merupakan singkatan dari Solid State Disk yang mana merupakan perkembangan dari harddisk. Lantas, apa perbedaan SSD dan HDD ini? Bila Anda penasaran, berikut ini terdapat setidaknya 6 perbedaan SSD dan Harddsik yang bisa Anda ketahui.


6 Perbedaan SSD dan Harddisk

Perbedaan dari Cara Kerja

Kedua komponen ini memiliki cara kerja yang sangat berbeda dan perbedaan semacam itu mempengaruhi kinerja dari masing-masing komponen ini. Perbedaannya adalah harddisk menggunakan piringan cakram untuk mencari file yang akan dibuka, sedangkan SSD memanfaatkan chip atau flash memory.

Hal itu membuat harddsik bekerja secara mekanik dan membuat harddisk memproses data dengan jeda. Hal ini membuat Anda perlu menunggu sepersekian detik agar sebuah file terbuka setelah diklik sebanyak dua kali.

Berbeda dengan SSD yang memproses data dengan sistem digital, membuatnya memproses data tanpa jeda sehingga bisa Anda rasakan sendiri kecepatannya dalam membuka sebuah file setelah diklik dua kali.

Perbedaan dari Kecepatan Proses Data

Seperti yang sudah disinggung tadi bahwa SSD tidak memerlukan prat untuk bergerak yang mana berarti bahwa pemrosesan  data dilakukan tanpa jeda. Hal ini yang membuat pemrosesan data yang dilakukan oleh SSD bisa 25 – 100 kali lebih cepat daripada harddisk.

Kelebihan SSD ini akan membantu Anda dalam membuka sebuah file dengan sangat cepat tanpa perlu menunggu lama seperti halnya harddisk. Bahkan, bila Anda ingin melakukan multitasking atau membuka banyak software di waktu yang sama, SSD bisa sangat Anda andalkan, yaitu membuka banyak software tanpa ada lag.

Perbedaan Pada Ketahanan Komponen

Perbedaan yang mencolok dari sebuah SSD dengan harddisk adalah bahwa SSD tidak memiliki piringan cakram seperti harddisk. Sebagai gantinya, SSD menggunakan flash memory atau chip. Dengan begitu membuat SSD tahan terhadap guncangan yang bisa menyebabkan komponen dan data Anda rusak.

Berbeda dengan SSD, HDD memiliki piringan cakram yang mana akan membuatnya rawan rusak dan kehilangan data. Karena perlu Anda ketahui bahwa file yang Anda simpan pada harddisk disimpan pada cakram tersebut. Dan bila cakramnya rusak, otomatis data Anda tidak bisa terselamatkan. Hal ini membuat Anda perlu rajin melakukan backup data.

Perbedaan pada Konsumsi Energi

Harddisk memiliki piringan cakram dan harus bergerak terus menerus setiap komputer digunakan. Dengan diwajibkannya piringan cakram tersebut harus bergerak, maka sudah pasti daya listrik yang dibutuhkan lebih besar. Namun tidak seperti SSD, mengapa?

Karena dalam hal pemrosesan data, SSD memanfaatkan teknologi flash memory yang tidak bergerak. Dengan tidak ada bagian yang bergerak di dalam SSD, tentu saja dalam hal konsumsi listrik, SSD lebih hemat dan efektif.

Perbedaan SSD dan Harddisk dalam Hal Kapasitas

Tampaknya, bila berbicara soal kapasitas, harddisk-lah yang jauh lebih unggul, mengapa? Karena kapasitas harddisk bisa mencapai 2,1 TB dengan ukuran yang biasa kita temui di pasaran adalah 500 Gb. Lantas, berapa kapasitas SSD yang bisa kita temui?

Diketahui bahwa SSD memiliki kapasitas sekitar 128 Gb hingga 256 Gb. Hal ini membuatnya lebih cepat penuh daripada harddisk. Bila Anda kehabisan ruang pada SSD Anda, Anda tetap bisa melakukan upgrade memori dengan tambahan biaya.

Perbedaan Harga antara SSD dan Harddisk

Kalau berbicara soal teknologi, biasanya tidak bisa lepas juga dari yang namanya harga. Ya, harga sebuah perkembangan teknologi tentu akan lebih mahal dari tahun ke tahun. Maka dari itu, berapa harga kisaran SSD di pasaran?

Bila Anda memiliki uang sebesar Rp. 600.000, maka Anda bisa memperoleh SSD dengan kapasitas 256 Gb. Namun, bila Anda membeli harddisk, maka dengan nilai yang sama Anda bisa memperoleh harddisk dengan kapasitas 1TB.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai 6 perbedaan SSD dan harddisk. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "6 Perbedaan SSD dan Harddisk, Mana yang Unggul?"