Cara Mendapatkan Uang dari Fotografi

 

Halaman ini akan menampilkan sederet cara mendapatkan uang dari fotografi.

Vinz-Prasetyo - Barangkali Anda sering melihat hasil fotografi yang indah dan menakjubkan. Seperti pemandangan alam, hewan dan lainnya yang memiliki hasil dengan beragam nuansa foto. Hal tersebut membuat Anda ingin mencobanya sendiri dan pada akhirnya bisa. Nah, dari kekaguman lalu menjadi hobi, fotografi bisa membantu Anda dalam memperoleh cuan.

Benarkah hobi fotografi bisa membuat Anda memberikan penghasilan? Tentu saja bisa. Selama Anda menekuni bidang fotografi, terus mengasah skil dan mencari serta mendapatkan channel yang tepat, maka penghasilan Anda dari fotografi bisa setara UMR tempat Anda tinggal bahkan lebih. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari fotografi? Berikut ini kami sampaikan 5 caranya.


5 Cara Mendapatkan Uang dari Fotografi

Menjual Stok Foto

Bila Anda benar-benar suka dengan kegiatan fotografi, satu hal yang pasti adalah hasil jepretan Anda sangat banyak. Beberapa orang akan menyimpannya di penyimpanan cloud seperti Google Drive. Sebagian menguploadnya ke sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Ada pula yang menyimpannya pada harddisk komputer saja.

Meskipun semua cara tersebut termasuk aman untuk menyimpan hasil jepretan kamera Anda, namun tidak akan memberikan Anda penghasilan. Maka dari itu, daripada hanya sekedar simpan atau upload di sosial media, Anda bisa mencoba menjual foto Anda pada beberapa platform yang memang khusus untuk itu, seperti Shutterstock, Getty Images dan Stocksy.

Menjadi Fotografer Profesional

Dengan sering memotret obyek, utak-atik beragam fitur di kamera dan juga sering mencari informasi mengenai fotografi, tentu saja hasil jepretan kamera Anda akan semakin meningkat dan menarik. Dan hal ini akan membuat Anda tampil menjadi fotografer yang profesional. Maka dari itu,untuk terus menjadi profesional dan berpengalaman, jangan pelit membagi waktu untuk belajar soal fotografi.

Sebagai fotografer profesional, ada banyak peluang pekerjaan yang bisa Anda ambil, seperti foto produk untuk iklan dan promosi, fotografer alam liar atau Wildlife semacam foto hewan atau alam bebas, fotografi jurnalistik yang terjun langsung ke lokasi kejadian untuk menangkap beragam momen yang apik dan lainnya.

Menjadi Guru atau Pengajar Bidang Fotografi

Tidak jarang seorang profesional yang memilih untuk menjadi guru atau pengajar sesuai bidangnya. Nah, bila Anda seorang fotografer profesional dengan segudang portofolio ditambah minat fotografi yang meningkat dari banyak orang, maka Anda bisa membuka jasa mengajar bidang fotografi. Ya, Anda bisa memperoleh uang dari jasa pengajar fotografi tersebut.

Karena pada dasarnya, tidak semua orang sanggup belajar secara otodidak. Ada banyak orang yang ingin belajar secara urut dan sistematis seperti pelajaran di sekolah. Maka dari itu, bila Anda berniat mengajar bidang fotografi, Anda bisa susun materi pelajaran dari pemula hingga menuju profesional dan punya kemampuan fotografi yang mumpuni.

Mengikuti Kontes Foto

Sebagai seorang yang berminat pada bidang fotografi dan sudah bergabung di banyak grup serta komunitas yang sebidang, tentu Anda tidak jarang melihat pengumuman diadakannya kontes foto. Ya, kontes foto yang diselenggarakan biasanya gratis dan menawarkan hadiah yang tidak sedikit. Bagi Anda yang ingin menjajal kemampuan memotret Anda, bisa ikuti saja kontes ini.

Meski Anda tidak bisa menjadikan kontes foto sebagai sumber penghasilan tetap, namun hadiah kontes foto pada umumnya sangat menggoda dan bisa membantu Anda membeli beberapa barang yang Anda inginkan. Maka dari itu, bila Anda lihat ajakan untuk mengikuti kontes foto berhadiah, jangan ragu untuk ikuti. Bila belum berhasil, hal itu bisa menjadi pemacu Anda untuk terus berkembang.

Membuka Studio Fotografi

Saat berkunjung ke rumah seseorang, bisa jadi Anda tidak asing dengan foto keluarga dengan latar warna polos atau campuran. Biasanya, sebuah keluarga akan berfoto bersama untuk momen tertentu, seperti pernikahan dan wisuda. Nah, pemotretan itu bisa terjadi dalam studio fotografi.

Kesimpulannya? Anda bisa memperoleh uang dari membuka studio fotografi. Terdapat beragam peralatan yang perlu Anda miliki untuk mendukung pekerjaan Anda tersebut. Foto beberapa dokumen tertentu seperti ijazah dan buku nikah juga membutuhkan studio fotografi.

Itulah beberapa referensi seputar cara mendapatkan uang dari fotografi. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang dari Fotografi"