Tips Mempercepat Laptop Agar tidak lemot

 

Untuk mempercepat kinerja laptop yang lemot menjadi sesuatu menarik bagi para pemilik laptop. Pasti pernah mengalami performa komputer (PC) atau laptop menurun seiring berjalannya waktu. Bisa jadi karena pengguna yang sering memasang aplikasi dan menjejali harddisk/SSD dengan aneka file dan dokumen sampai penuh.

Solusi yang mudah sebenarnya tinggal upgrade beli laptop baru semua masalah bisa beres, namun tidak menyarankan cara seperti itu.  Hal ini karena banyak cara untuk mengoptimasi kinerja laptop sehingga performanya bisa lebih baik. Apalagi, semakin berjalannya waktu tentunya teknologi hardware yang ada di laptop atau komputer semakin ketinggalan sehingga dipastikan kinerjanya semakin menurun karena kebutuhan software dana aplikasi semakin berat.



Untuk menjaga dan meningkatkan performa komputer dan laptop, ada beberapa tips yang bisa anda dilakukan. Simaklah tips berikut supaya laptop anda tidak lemot.

Memperbesar RAM

Tips pertama yang paling efektif adalah dengan meningkatkan jumlah RAM, tips ini biasanya dilakukan oleh banyak orang yang laptopnya sudah lemot. Misalnya kapasitas RAM 2GB bisa Anda tingkatkan ke 4 GB atau yang diatasnya tergantung batasan akhir upgrade laptop Anda. Akan tetapi, untuk tips ini membutuhkan tenaga ahli.

Namun jangan khawatir, anda bisa melakukannya sendiri. Yang terpenting anda menanyakan langsung pada teknisi untuk mengecek tipe RAM SODIMM atau bukan, lalu cek juga RAM DDR3 atau DDR4 agar tidak salah beli. Setelah membeli RAM, anda bisa membongkar bagian belakang laptop Anda. Kemudian  pada bagian RAM, Anda akan menemukan 1 slot kosong yang bisa diisi RAM lain atau jika tersedia hanya 1 slot, lepas dulu RAMnya baru pasang RAM baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Mengganti HDD ke SSD

Tips laptop tidak lemot yang selanjutnya adalah mengganti HDD ke SSD. Perlu anda pahami bahwa HDD tidak akan berpengaruh pada kecepatan laptop Anda ketika ditambahkan jumlah kapasitas penyimpanan. Untuk itu, anda bisa menggantinya dengan SSD jika ingin jadi lebih cepat.

Bersihkan hard disk

Tips yang paling mudah adalah membersihkan ruang penyimpanan komputer dari beragam file sampah dengan fitur Disk Cleanup. Anda bisa mengunjungi menu Start, kemudian mengetikkan kata kunci disk cleanup kemudian tekan Enter.

Di halaman selanjutnya, pilihlah hard disk mana yang akan anda dibersihkan. Setelah berlangsung, pilih file apa yang akan dibersihkan dengan memberikan tanda centang pada kotak yang tersedia. Langkah terakhir klik OK dan Delete Files. Proses ini bisa anda dilakukan secara berkala untuk melegakan ruang media penyimpanan dari beragam file yang tidak begitu penting untuk mengantisipasi lemotnya laptop.

Optimasi hard disk

Selain membersihkan hard disk, blok-blok memori di penyimpanan juga tentu saja perlu dioptimasi supaya bisa membaca dan menyimpan file dengan mulus. Anda bisa melakukannya melalui fitur Defragment and Optimize Drives.

 Untuk mengoptimasi hard disk, Anda bisa mengetikkan keyword defragment pada menu Start kemudian klik Enter. Setelah itu, pilih hard disk mana yang akan dioptimasi lalu klik tombol Optimize. Tunggu sampai proses defragmentation selesai dalam optimasinya.

Hapus aplikasi yang tidak perlu

Tips selanjutnya ialah menghapus aplikasi yang tidak perlu, pasalnya aplikasi yang diinstal di komputer memakan media penyimpanan. Apabila Anda sering memasang aplikasi, baik software ringan atau berat bisa dipastikan sisa storage Anda akan cepat menipis.



Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi yang dirasa kurang penting sebagai solusinya. Untuk mengapus aplikasi, ketiklah kata kunci add or remove programs di menu Start dan tekan Enter. Setelah itu, Anda bakal disodori dengan daftar aplikasi yang terpasang di computer, kemudian pilih salah satu aplikasi yang tidak digunakan dan klik tombol Uninstall.

Posting Komentar untuk "Tips Mempercepat Laptop Agar tidak lemot"