Tips Memelihara Laptop

 Banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Walaupun saat ini harga laptop dibilang cukup murah, namun merawat laptop perlu dilakukan supaya komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan juga berumur lebih lama.

Banyak dari pengguna yang kurang memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, jika dilihat dari daya tahan laptop sangatlah berbeda dengan PC yang cenderung kuat serta tahan lama. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai pengguna laptop dalam mengupayakan agar laptop yang dipakainya bisa bertahan lama dan awet.

Nah, berikut ini cara mudah memelihara laptop yang bisa anda terapkan untuk menjaga laptop dengan baik.

Perhatikan penyimpanan laptop

Banyak pengguna yang tidak memperhatikan penyimpanan laptop, padahal hal ini sangat berpengaruh untuk kesehatan laptopnya. Kebanyakan dari mereka aktor ketika sudah lelah menggunakan laptop seringkali membuat kita terlena dan tidak menyimpan laptop notebook dalam tempat yang aman.

Hal ini sangat beresiko laptop mengalami efek kejatuhan benda yang berakibat fatal pada laptopnya. Selain itu, perlu diperhatikan juga agar tidak menyimpan laptop di tempat yang lembab dan terkena panas terik matahari. Usahakan selalu menyimpan laptop dengan udara yang sejuk.



Membiasakan menutup laptop jika tidak digunakan

Pengguna sering terlena dengan pola dan kebiasaannya setelah selesai menggunakan laptop tanpa disertai menutup laptop dengan benar. Kebiasaan yang sering meninggalkan laptop dalam keadaan terbuka bahakan masih tetap dalam keadaan menyala sangatlah ceroboh, sebab sangat beresiko terutama terhadap resiko layar tertimpa kajatuhan benda dan resiko keyboard sehingga akan mempengaruhi kinerja keyboard itu sendiri.

Usahakan menyalakan laptop notebook yang jarang digunakan

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar laptop tetap berfungsi dengan baik. Anda perlu menyalakan laptop yang jarang dipakai minimal sekali dalam durasi 2 minggu. Untuk itu, sisakan waktu anda sebentar dalam 2 minggu tersebut untuk sesekali menyalakan laptop yang jarang dipakai minimal 2 sampai 3 jam.
Hal ini karena, walaupun laptop tidak pernah dinyalakan akan tetapi sebenarnya laptop tersebut berjalan aktif sebab adanya battery CMOS di dalam motherboard laptop notebooknya. Barangkali anda mungkin berpikir mengapa computer laptop notebook walaupun tidak dalam keadaan hidup, dia bisa mengenali hari, tanggal, waktu yang tepat pada saat kita gunakan.

Hal ini menandakan bahwa ada power di dalam laptop notebook yang secara terus menerus mengaktifkan laptop untuk tetap bekerja. Inilah yang membuat kita perlu sesekali menyalakan laptop untuk mencegah terjadinya korosif pada motherboard jika dalam durasi waktu yang lama laptop tidak pernah sama sekali.



Hindari pemakaian Laptop di atas Kasur

Memelihara laptop itu dibilang gampang gampang susah, karena perlu pembiasaan. Salah satu kebiasaan yang harus anda lakukan adalah tidak menggunakan laptop di atas kasur. Pasalnya, banyak pengguna yang lebih nyaman ketika menggunakan laptop diatas kasur. Namun perlu diperhatikan, memakai laptop di atas kasur ini bisa menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga akan membuat laptop mengalami overheat.

Menjauhkan Minuman dari Laptop

Minuman yang tumpah pada laptop bisa menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya, hal ini karena air merupakan musuh utama dalam rangkaian elektronik. Untuk itu, lebih baik anda untuk menjauhkan minuman dari laptop. Untuk mengantisipasinya anda bisa memberi keyboard protector supaya dapat mencegah resiko masuknya cairan di celah-celah keyboard.

Posting Komentar untuk "Tips Memelihara Laptop"