Apa Itu Blockchain? Ketahui Beragam Keunggulannya

 

Halaman ini akan memberi informasi seputar teknologi Blockchain.

Vinz-Prasetyo - Sekarang sedang maraknya investasi Bitcoin beserta coin lainnya yang biasa disebut sebagai Altcoin. Harganya yang flukuatif dan cenderung naik dari tahun ke tahun membuatnya semakin diminati banyak orang. Dan bila Anda belajar soal Bitcoin dan Cryptocurrency atau mata uang Crypto, tentu Anda tidak jarang mendengar istilah Blockchain.

Hal itu bisa jadi membuat Anda bertanya-tanya soal apa itu blockchain dan bagaimana cara kerjanya. Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan membahas soal apa itu blockchain. Di artikel ini juga kami akan memberi informasi lainnya yang berhubungan dengan teknologi yang satu ini.

Pengertian Blockchain

Blockchain merupakan teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi. Dalam prakteknya, penggunaan teknologi blockchain tidak bisa jauh dari Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Meski begitu, penggunaan teknolog blockchain tidak hanya sebatas Cryptocurrency saja, beberapa sektor lainnya juga bisa menggunakan teknologi semacam ini. Bagaimana bisa teknologi yang berkaitan dengan Cryptocurrency bisa digunakan pada sektor lainnya? Untuk mengetahuinya, kita perlu pahami arti nama Blockchain.

Nama Blockchain terdiri dari dua kata, yaitu block dan chain. Istilah block merujuk pada kelompok dan chain berarti rantai. Pemilihan dua kata ini sangat cocok karena cara kerja blockchain yang memanfaatkan resource komputer untuk membuat banyak blok yang saling terhubung.

Blok-blok tersebut nantunya akan digunakan untuk mengeksekusi transaksi yang terjadi. Teknologi ini juga tidak terpusat dan mampu berjalan sendiri dengan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya. Maka dari itu, tidak heran bahwa teknologi blockchain disebut juga sebagai teknologi yang terdesentralisasi.

Perbedaan Blockchain dan Cryptocurrency

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa teknologi blockchain tidak lepas dari cryptocurrency membuat beberapa orang sulit membedakan dua teknologi ini. Lantas, apa bedanya Blockchain dan Cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang diamankan menggunakan Kriptografi. Maka dari itu, mata uang yang satu ini tidak dapat dipalsukan oleh orang yang jahat. Hal ini sangat berbeda dengan uang fiat yang rawan dipalsukan.

Aset Crypto tersebut menggunakan teknologi yang bernama Blockchain. Jadi, dengan kata lain bahwa Blockchain merupakam database yang tidak bisa diganto. Dengan begitu, blockchain juga merupakan teknologi yang dimanfaatkan untuk menyimpan data digital yang terhubung dengan kriptografi.

Antara blockchain dan cryptocurrency memang merupakan dua hal yang berbeda, namun tidak bisa dipisahkan atau saling berkaitan. Cryptocurrency membutuhkan teknologi Blockchain untuk penyimpanan data yang berkaitan dengan transaksi cryptocurrency.

Keunggulan Penerapan Teknologi Blockchain

Kita semua sadari bahwa perkembangan teknologi juga tidak lepas dari keunggulan yang dibawanya. Maka, berikut ini adalah beberapa keunggulan dari penerapan teknologi Blockchain.

Sistem Transaksi yang Transparan

Anda tidak perlu memiliki akses tertentu untuk melihat transaksi yang terjadi pada Blockchain. Karena terdapat yang namanya public access yang memungkinkan Anda melihat transaksi yang terjadi pada sistem Blockchain tanpa harus login. Hal ini sangat berbeda dengan sistem atau pola transaksi pada bank biasanya.

Memiliki Proteksi Data yang Baik

Terdapat beragam sistem verifikasi yang dibuat oleh para penambang atau miner sebelum dieksekusi di banyak komputer. Struktur database tersebut tidak memiliki akses edit sehingga hacker atau orang jahat lainnya tidak bisa melakukan beragam macam tindakan hacking termasuk Social Engineering sekalipun.

Efisiensi dan Lebih Cepat

Proses transaksi yang dilakukan pada mata uang konvensional rawan terjadi kesalahan manusia dan cenderung membutuhkan waktu yang banyak. Hal itu karena memang membutuhkan tenaga manusia yang terbatas. Namun berbeda dengan teknologi blockchain. Transaksi yang berjalan menggunakan teknologi Blockchain cenderung lebih efisien, cepat dan yang terpenting adalah aman.

Keamanan yang Terjamin

Pda teknologi Blockchain terdapat sistem enkripsi dengan Kriptografi yang menjadi peningkatan sistem keamanan dalam transaksi. Dengan adanya sistem enkripsi semacam ini, history transaksi tidak bsia diubah karena sudah terenkripsi sehingga hal ini bisa meminimalisir tindakan penipuan.

Nah, demikianlah pengertian blockchain dan beragam keunggulan yang bisa Anda rasakan. Nantikan artikel kami selanjutnya.

1 komentar untuk "Apa Itu Blockchain? Ketahui Beragam Keunggulannya"