Tips Menabung untuk Pelajar

 

Halaman ini akan menampilkan tips menabung untuk pelajar.

Vinz-Prasetyo - Keberadaan uang sangatlah penting dalam hidup manusia. Ada banyak hal bahkan hampir semua hal di dunia ini yang memerlukan uang untuk memperolehnya. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak menghambur-hamburkan uang begitu saja. Sangat diperlukan sebuah pengendalian diri agar uang yang diterima tidak habis begitu saja dan bisa ditabung.

Lantas, bagaimana dengan pelajar? Biasanya seorang pelajar mendapatkan uang dari uang saku sekolah yang diberikan orang tua setiap berangkat sekolah. Dan tentu saja, jumlahnya sedikit dan itu pun sering habis. Pada dasarnya, seorang pelajar juga perlu menabung dan berikut ini adalah beberapa tips menabung untuk pelajar yang bisa Anda terapkan.


6 Tips Menabung untuk Pelajar

Tetapkan Tujuan Menabung

Melakukan sesuatu tentu perlu tujuan. Tanpa tujuan yang jelas sebuah rencana tidak bisa berjalan lancar dan bahkan tidak bisa sukses atau berhasil. Dengan adanya tujuan, maka Anda bisa lebih memikirkan caranya agar berhasil. Bila sudah berhasil, maka Anda bisa senang merasakan manfaatnya melakukan suatu hal.

Maka dari itu, dalam menabung untuk pelajar pun juga perlu ada tujuannya. Bisa jadi Anda ingin membeli buku, alat tulis, sepatu atau lainnya. Bahkan, tidak ada salahnya Anda menabung untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan pendidikan seperti hp, laptop atau komputer gaming. Meski harus menunggu lama, tapi tetap saja dengan adanya tujuan Anda punya potensi untuk berhasil.

Menyisihkan Uang Saku

Sebagai seorang pelajar tentu tidak memiliki kewajiban untuk bekerja sehingga pemasukan Anda untuk jajan dan membayar ongkos perjalanan menggunakan uang orang tua atau biasa disebut sebagai uang saku. Tidak hanya saat sekolah saja, saat Anda ingin bepergian dengan teman-teman pun juga pasti diberi uang lebih.

Nah, uang saku dan uang untuk bepergian tersebut bisa Anda sisihkan untuk menabung. Apakah menyisihkan sama seperti menyisakan? Tidak. Menyisihkan berarti Anda memang berencana untuk menabungkan uang Anda dalam jumlah yang sekian. Kalau  menyisakan itu berarti Anda menabungkan uang Anda hanya jika ada sisanya dan itu hampir mustahil terjadi.

Mengurangi Waktu Hangout

Bukan hal yang asing lagi bila anak muda senang hangout atau nongkrong. Hal itu wajar karena memang masa muda adalah masa-masa bermain dan bergaul dengan banyak orang, khususnya yang sebaya. Namun, jangan gunakan alasan itu untuk selalu hangout setiap ada ajakan dan kesempatan. Ingat, hangout semacam itu bisa menghabiskan uang Anda, cepat atau lambat.

Dengan begitu, ada kalanya Anda harus menahan diri untuk hangout setiap ada ajakan. Bahkan, Anda bisa batasi kapan saja Anda akan keluar untuk berkumpul dengan teman Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengumpulkan uang dan memenuhi tujuan Anda menabung.

Jangan Anggap Sepele Uang Recehan

Uang recehan atau uang koin biasanya disepelekan begitu saja. Hal ini terbukti dengan banyaknya uang koin yang jatuh di jalan dan tidak diambil oleh orang-orang sekitar. Alasannya tentu sudah jelas, yaitu bahwa nilainya yang sangat kecil. Satu koin uang recehan saat ini tidak bisa untuk membeli sesuatu.

Meski begitu, jangan sampai Anda menyepelekan uang recehan. Karena seperti kata pepatah yaitu “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” bisa Anda buktikan. Tidak ada salahnya bila Anda memasukan uang koin Rp. 100 ke dalam tabungan Anda. Bila ada banyak uang recehan semacam itu, jumlah tabungan Anda bisa bertambah secara signifikan.

Membawa Bekal

Suatu hal yang wajar bila seorang pelajar ingin memakan jajanan yang dijual di kantin sekolah atau luar sekolah. Hal itu bisa menjadi salah satu tumber semangat untuk berangkat sekolah. Namun, tentu Anda sadari bahwa membeli jajan bisa mengurangi kesempatan Anda untuk menabung. Bila benar begitu, Anda bisa mengakalinya dengan membawa bekal.

Ya, Anda bisa meminta ibu Anda untuk membuatkan bekal untuk Anda makan di sekolah saat jam istirahat. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menabung uang jajan yang Anda terima.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai tips menabung untuk pelajar. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Tips Menabung untuk Pelajar"