Mengenal 5 Jenis Suku Bunga Bank

 

Halaman ini akan mengajak Anda mengenal 5 jenis suku bunga bank.

Vinz-Prasetyo - Anda tentu tidak asing dengan istilah bunga pada bank. Ada banyak orang takut meminjam dana dari bank karena bunganya. Meski begitu, masih ada banyak orang yang tidak paham soal sistem bunga bank. Dan perlu Anda ketahui bahwa pada sistem perbankan, terdapat 5 jenis suku bunga yang bisa Anda ketahui.

Maka dari itu, mari kita mengenal 5 jenis suki bunga bank dan pengertiannya. Namun sebelum Anda mengetahui kelima jenis suku bunga bank tersebut, Anda bisa ketahui dahulu definisi dari suku bunga bank. Dengan begitu, Anda bisa memahami kelima jenis suku bunga bank tersebut.


Apa Itu Suku Bunga?

Secara sederhana, suku bunga merupakan harga yang perlu dibayarkan oleh pihak bank terhadap nasabahnya ketika ada nasabah yang menggunakan fasilitas simpanan dana di bank. Di lain sisi, suku bunga bank juga berarti bunga yang dibayarkan oleh nasabah pada bank ketika nasabah tersebut menerima pinjaman dana dari bank terkait.

Dari sini kita menjadi paham bahwa ada 2 kategori suku bunga, yaitu dari bank untuk nasabah karena nasabah memiliki simpanan dan dari nasabah ke bank ketika nasabah memiliki pinjaman. Bunga ini yang bisa memberikan keuntungan bagi pihak bank atau pun pihak nasabah berdasarkan kategori di atas.

5 Jenis Suku Bunga Bank

Nah, setelah mengetahui soal pengertian atau definisi suku bunga, berikut ini terdapat 5 jenis suku bunga bank yang perlu Anda ketahui.

Suku Bunga Bank Tetap / Fixed

Sesuai namanya, suku bunga bank tetap atau fixed memiliki besaran bunga yang sama selama jangka waktu kredit yang sudah ditetapkan atau hingga jatuh waktu tempo. Suku bunga tetap biasa Anda lihat ketika akan mengajukan KPR rumah, membeli rumah bersubsidi dan juga kredit kendaraan bermotor.

Suku Bunga Mengambang / Floating

Apa itu suku bungan mengambang atau floating? Suku bunga mengambang merupakan suku bunga yang berubah-ubah mengikuti suku bunga di pasaran. Hal ini menyebabkan besaran suku bunga bisa naik ketika suku bunga di pasaran naik, begitu pula bila sebaliknya.

Suku bunga mengambang bisa jadi jarang Anda dengar. Namun, dalam penerapannya, suku bunga mengambah diterapkan pada KPR untuk periode tertentu. Seperti misalnya, pada dua atau tiga tahun pertama ditetapkan suku bunga tetap / fixed. Lalu untuk tahun cicilan selanjutnya dikenakan suku bunga mengambang / floating.

Suku Bunga Flat

Sekilas, suku bunga flat sama seperti suku bunga tetap / fixed. Namun, dari segi hitungan, suku bunga flat memiliki cara perhitungan yang lebih mudah daripada jenis suku bunga lainnya. Dengan kemudahan perhitungan inilah, maka banyak perusahaan kredit seperti kredit hp, motor, peralatan rumah tangga dan KTA memilih untuk menggunakan sistem suku bunga flat.

Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif seringkali dipilih banyak nasabah karena nilai bunga angsurannya yang selalu menurun setiap jumlah pinjamannya berkurang karena cicilan pinjaman yang rutin dilakukan. Dengan kata lain, semakin sedikit jumlah cicilan yang perlu Anda tanggung, maka semakin kecil pula biaya angsuran yang perlu Anda tanggung.

Jenis suku bunga yang satu ini dianggap lebih adil untuk nasbabah daripada suku bunga jenis flat. Karena seperti yang kita ketahui, suku bunga flat menerapkan jenis angsuran yang sama setiap dana pinjaman berkurang karena cicilan pelunasan. Jelas, suku bunga efektif lebih bersifat meringankan.

Suku Bunga Anuitas

Suku bunga yang satu ini biasa diterapkan pada pinjaman jangka panjang, seperti KPR atau kredit investasi. Metode suku bunga anuitas mengatur jumlah angsuran pokok yang ditambah dengan angsuran bungan yang dibayar agar sama setiap bulan.

Dalam prakteknya, suku bunga anuitas menerapkan perbandingan bunga lebih besar daripada angsuran pokok. Dan ketika masa kredit hampir berakhir, maka kondisinya adlah sebaliknya. Ya, biaya pokoknya akan lebih besar daripada biaya bunganya.

Nah, itulah 5 jenis suku bunga bank yang perlu Anda ketahui. Untuk beberapa kasus, bank akan menerapkan sistem campuran. Dengan kata lain, dalam sebuah jangka waktu kredit, bank menetapkan lebih dari satu jenis suku bunga bank.

Posting Komentar untuk "Mengenal 5 Jenis Suku Bunga Bank"