Tips Membeli Laptop Second

 Laptop menjadi kebutuhan saat ini, bahkan mahasiswa dan orang yang bekerja dengan menggunakan laptop saja sering menggunakan benda ini. Hanya penggunaannya bergantung dengan kebutuhan dan kesenangan setiap orangnya, ada beberapa orang yang memilih membeli laptop bekas daripada membeli yang baru. Sebab harga yang ditawarkan lebih murah dan juga kebetulan ditawarkan orang lain dengan harga yang bersahabat.

Pada saat membeli laptop bekas, pastikan anda memeriksa kelengkapannya supaya tidak merasa tertipu ketika laptop. Nah, berikut beberapa tips membeli laptop second yang bisa anda terapkan ketika ingin membeli laptop second.

 Lihat survei harga pasar

Sebelum membeli laptop second, alangkah baiknya anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Pastikan juga anda sudah menentukan merek dan seri laptop yang kamu incar, sehingga anda mudah mencari tahu harga pasarannya. Harga memang tergantung dari kondisis barang itu sendiri, dengan begitu anda memiliki harga patokan yang akan bermanfaat saat kamu ingin bernegosiasi dengan penjual.



Anda  bisa mengecek harga-harga pasaran dari laptop yang kamu incar dari marketplace yang turut menjual laptop. Pasalnya, dengan mengetahui kisaran harga dari laptop yang diincar, anda dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki sekarang.

 Pastikan memeriksa kondisi bodi laptop

Setelah menemukan harga yang sesuai dan sudah yakin ingin membeli laptop tersebut, alangkah baiknya dalam melakukan pembelian anda bertemu langsung dengan penjual untuk melakukan beberapa pengecekan. Hal ini karena barang bekas, tentu ada saja sisi minusnya.

Yang terpenting melihat kondisi bodi laptop itu sendiri. Pastikan laptop yang akan dibeli tidak lecet atau retak di badan laptop. Jika masih mulus, berarti pemilik sebelumnya memahami dengan baik teknik merawat laptop sehingga dapat menjadi indikasi positif bahwa laptop tersebut tidak pernah digunakan di lokasi yang ekstrim.

Namun jika di bodinya terdapat lecet atau retakan, sudah tentu laptop bekas tersebut pernah terjatuh, sehingga bisa saja komponennya pun mengalami sedikit kerusakan yang merupakan dampak dari jatuhnya laptop tersebut.

 Periksa Kelengkapan Laptopnya

Tanyakan kelengkapan laptop second yang akan anda beli. Kemudian, tanyakan juga apa yang di dapat ketika penjual membeli baru dahulu, dan sesuaikan dengan kondisi ketika anda akan membelinya. Hal ini sebagai patokan anda ketika membeli, tentu tidak akan membeli dengan harga tinggi jika kelengkapannya tidak maksimal. Biasanya pembelian laptop baik new atau second  berupa laptop, baterai, charge, bisa juga ada tas laptop.

 Periksa Spesifikasi laptop

Setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung dari prosesornya. Anda harus mengetahui RAM DDR2 atau DDR3, Hardisk, dan sebagainya. Untuk itu, anda perlu mengetahui harga pasaran tiap komponen pada laptop agar harga yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasinya. Selain itu, anda juga harus mengetahui spesifikasi untuk laptop yang sangat lama hingga laptop bekas terbaru.



 Pastikan Kondisi Hardisk

Memeriksa kondisi hardisk sangatlah penting, pasalnya anda akan menyimpan semua data pada komponen bernama hardisk. Jika hardisk sebuah laptop bermasalah, kemungkinan kehilangan semua data anda. Supaya tidak terjadi hal seperti ini, pastikan hardisk laptop masih normal.

 Periksa Kondisi CD/DVD Drive

Banyak orang yang mengabaikan kondisi CD atau DVD Drive ini., sebab jarang sekali orang menaruh data di kepingan CD atau DVD sekarang ini. Namun jika anda ingin membeli laptop dengan CD/DVD drive, pastikan kenormalan komponen ini. Walaupun CD jarang digunakan, tetapi dapat membantu instalasi hardware pada laptop anda seperti printer yang drivernya masih berupa kepingan CD.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Laptop Second"