Tips Seputar Baterai Laptop

 Laptop dahulu berukuran cukup tebal, bobotnya berat, dan kinerjanya pun pas-pasan. Hal ini berbeda dengan laptop sekarang yang desain laptopnya semakin ramping, tipis, dan ringan menjadikannya lebih mudah dibawa kemana-mana. Apalagi saat ini banyak pelajar dan pegawai yang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Kemampuannya pun semakin handal sehingga performanya kencang untuk menunjang produktivitas anda. Walaupun kecanggihan spesifikasi yang baik tetap harus diimbangi dengan ketahanan baterai yang baik. Banyak masalah baterai laptop yang sering ditemui, seperti tidak bisa menyimpan daya sama sekali jika tidak di-charge atau baterai laptop tersebut akan cepat habis. Sehingga hal tersebut sangat menggangu dan menghambat kinerja Anda sehari-hari. Tidak hanya itu saja, masalah pada baterai juga dapat membuat laptop cepat rusak jika dibiarkan begitu saja



Nah, berikut beberapa tips sederhana yang dapat membantu anda agar baterai laptop lebih awet dan tahan lama.

Pastikan laptop tidak mati total

Tips baterai laptop yang pertama adalah jangan membiarkan laptop Anda mati total hanya karena kehabisan daya. Terkadang ketika sudah asik mengerjakan tugas, menonton film, atau bermain game sampai lupa tidak  segera charge laptop.

Untuk itu segera pasang kabel charger laptop sebelum daya baterai berada di bawah 20 persen, jangan membiarkan baterai habis hingga nol persen bisa berakibat fatal. Hal ini bisa mengakibatkan komponen dalam baterai jadi cepat rusak.

Atur Cahaya Layar Mode Rendah

Termasuk tipe yang suka layar terang atau biasa ? Perhatikan cara yang satu ini, anda bisa merawat baterai laptop yang benar supaya awet selanjutnya ialah mengatur cahaya layar laptop Anda dengan mode rendah.



Pengaturan cahaya selain baik untuk kesehatan mata Anda, tips ini juga baik dalam menjaga kualitas baterai laptop sebab pemakaian cahaya terlalu terang akan memakan banyak daya baterai dan cepat terkuras.

Mengaktifkan Mode Battery Saver

Tips selanjutnya adalah windows yang dilengkapi dengan beberapa mode daya seperti mode penghemat baterai dan mode normal sebaiknya mengaktifkan mode battery saver. Hal ini karena fitur ini akan secara otomatis mengatur penggunaan daya di laptop sehingga lebih hemat. Secara default, mode battery saver akan aktif ketika baterai laptop anda tersisa 20%. Oleh karena itu, anda bisa menaikkan persentase ini jika anda sering bekerja secara mobile dan butuh menghemat daya agar baterai laptop tahan lebih lama. Cara mengaturnya dengan membuka Settings pilih System kemudian Battery ke Battery saver settings  lalu sesuaikan ke persentase yang kamu inginkan.



Ubahlah Power Plan

Supaya baterai laptop lebih awet dan tahan lama, anda bisa mengubah power plan menjadi power saver. Anda bisa menggantinya dengan klik kanan icon baterai kemudian pilih opsi Power Options dan ubahlah ke Power Saver. Melalui tips ini, maka anda bisa menghemat baterai laptop Windows serta versi lainnya. Pasalnya  cara ini juga memungkinkan pengguna untuk terus menggunakan laptop tanpa harus melakukan charge untuk waktu yang cukup lama.

Namun, dalam beberapa waktu performa dari laptop akan turun. Tetap jangan khawatir sebab laptop Windows memang dilengkapi oleh beberapa power plan secara default yang dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Anda hanya cukup mengklik kana ikon baterai pada system tray, kemudian pilihlah Power Options lalu Change Plan Settings pada power plan yang ingin anda modifikasi dan pilih Change Advance Power Setting.

Posting Komentar untuk "Tips Seputar Baterai Laptop"