Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak dan Merawatnya

 

Halaman ini akan menunjukkan cara memperbaiki kipas angin rusak dan merawatnya.

Vinz-Prasetyo - Saat udara semakin panas, hawa sejuk tentu dicari oleh banyak orang. Bagi pemilik rumah yang memiliki dana berlebih, biasanya akan memilih untuk menggunakan AC atau Air Cooler. Kedua alat ini memang berhasil untuk mengusir hawa panas di dalam ruangan. Namun, bagaimana bila Anda memiliki dana terbatas?

Biasanya seseorang akan menggunakan kipas angin. Ya, dari dahulu hingga kini, kipas angin juga berhasil untuk menyejukkan orang yang ada di dalam ruangan. Terpaan angin yang lembut sangat dibutuhkan untuk mengusir hawa panas yang dirasakan tubuh seseorang. Namun, bagaimana bila kipas angin mengalami kerusakan? Nah berikut ini adalah cara memperbaiki kipas angin dan merawatnya.


6 Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

Dalam menghadapi barang elektronik yang bermasalah, tentu ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa memperbaikinya. Nah, untuk memperbaiki kipas angin, berikut ini adalah beragam cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Pertama-tama, tentu saja Anda perlu membongkar beberapa komponen kipas angin. Anda bisa bongkar pada bagian penutup dinamo kipas angin. Anda perlu melepasnya dengan sangat hati-hati agar tidak ada kabel yang terputus.
  2. Setelah itu, Anda bisa membuka bautnya dan keluarkan stator dan as motor. Anda perlu lakukan ini secara hati-hati juga agar gulungan spul menjadi putus. Bila putus, hal ini akan berdampak serius, yaitu kipas angin Anda tidak akan menyala lagi dan akan menambah pekerjaan Anda.
  3. Bila sudah Anda bongkar secara hati-hati, silakan Anda mencari motor dinamo dan melakukan cek apakah terdapat keausan pada bearingnya. Cara mengeceknya, Anda perlu menggoyang-goyangkan dinamo tersebut. Bila ternyata mudah bergerak atau longgar, sudah pasti itu aus. Cobalah Anda ganti dengan bearing yang baru.
  4. Membersihkan kotoran. Tidak heran bila kipas angin kotor. Hal ini karena memang kita tidak bisa lepas dan beragam macam debu dan kotoran. Maka dari itu, Anda bisa membersihkan kotoran kipas menggunakan lap atau kanebo basah. Lakukan ini pada baling-baling kipas atau mesin agar tidak menyumbat pergerakan kipas angin.
  5. Susun dan pasang kembali kipas Angin Anda. Namun, sebelum pada akhirnya Anda pasang kembali, Anda perlu berikan pelumas terlebih dahulu untuk merawat beberapa komponen di dalamnya.
  6. Setelah semua terpasang, Anda bisa melakukan tes apakah kipas angin Anda akhirnya bisa menyala kembali. Bila berhasil, selamat, kipas angin Anda sudah menjadi normal kembali dan memiliki putaran yang lebih lancar / kencang.

1.      Setelah mengetahui bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak atau tidak bisa berputar, tentu saja Anda perlu mengetahui cara merawat kipas angin. Tujuannya tentu agar tidak sering rusak kembali dan bisa Anda gunakan secara normal lebih awet.

Cara Merawat Kipas Angin agar Awet

Rajin Bersihkan Kipas

Anda tentu menyadari bahwa semua barang yang rajin dibersihkan tentu akan awet. Seperti misalnya kipas angin yang dibersihkan, tentu akan bersih dan tidak ada lagi ceritanya kipas angin mogok karena tersumbat kotoran. Anda bisa memberihkan kipas angin 2 minggu sekali. Namun bila Anda sangat sibuk, menyisihkan waktu 1 bulan sekali untuk membersihkan kipas angin harusnya tidak berat.

Jangan Kasar

Kipas angin pada umumnya memiliki kepala yang bisa mengarahkan kipasannya ke kanan dan kiri secara otomatis. Maka dari itu, jangan paksa kipas angin mengarahkan kipasannya ke arah yang Anda sukai. Sebaiknya tunggu kepalanya bergerak sendiri lalu Anda tekan tombol untuk mengunci posisinya.

Jangan Digunakan Terus Menerus

Meskipun hanya benda mati, namun kipas tetap bisa “lelah”. Hal ini ditandai dengan bunyi dengung yang diakibatkan terlalu panas mesin kipas angin tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan bagian bearingnya aus dan perlu diganti. Maka dari itu, jangan digunakan secara terus menerus, melainkan berikan jeda sekitar 10 menit untuk kipas Anda beristirahat.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai cara memperbaiki kipas angin rusak dan merawatnya. Selain ketiga cara tadi, ada juga merawat kipas angin dengan menjauhkannya dari air dan memperhatikan kondisi kabel.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak dan Merawatnya"