4 Macam Media Pembelajaran Interaktif

 

Halaman ini akan menampilkan 5 media pembelajaran interaktif.

Vinz-Prasetyo - Dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, biasanya seorang guru atau pengajar memiliki media pembelajaran yang berfungsi untuk membantu siswanya dalam belajar dan memahami apa yang sedang dipelajari. Media pembelajaran membantu para siswa lebih cepat mengerti soal pelajaran yang sedang mereka pelajari.

Nah, saat ini sudah ada media pembelajaran interaktif. Sesuai namanya, media pembelajaran interaktif membuat para siswa tidak hanya memahami soal pelajaran yang sedang dibahas, melainkan juga lebih senang dalam kegiatan belajar.

Karena pada dasarnya seorang anak memiliki sifat mudah bosan yang menghambat fokus mereka dalam belajar. Dengan adanya media pembelajaran interaktif, diharapkan para siswa lebih berfokus pada pelajaran karena sifatnya yang menyenangkan.

Nah, berikut ini adalah beragam jenis media pembelajaran interaktif yang biasa digunakan.


Beragam Jenis Media Pembelajaran Interaktif

Game

Biasanya game identik dengan permainan digital yang membuat seorang anak jadi malas belajar. Game biasa dikaitkan dengan sumber masalah nilai siswa di sekolah. Meskipun begitu, game juga bisa membantu si siswa untuk belajar dan menjadi pintar di pelajaran sekolah tertentu. Dengan belajar menggunakan game, siswa bisa belajar dengan metode yang sangat seru.

Guru memiliki kesempatan untuk menyesuaikan jenis game yang sesuai dengan pelajaran yang sedang dipelajari. Seperti misalnya game belajar bahasa Inggris akan dipilih untuk membantu siswa dalam memahami beragam kosakata dalam pelajaran Bahasa inggris.

Dengan adanya media pembelajaran interaktif semacam itu, pelajaran jadi menyenangkan dan mudah diingat.

Powerpoint

Anda tentu tidak asing dengan Powerpoint. Salah satu produk Microsoft ini memungkinkan Anda membuat bahan presentasi yang hidup dan eye-catchy sehingga memudahkan audience mengingat serta paham apa yang Anda sampaikan.

Nah, dengan keunggulan Powerpoint tersebut, produk Microsoft yang satu ini sangat bagus untuk dijadikan media pembelajaran yang interaktif. Anda bisa memasukan foto, video dan beragam bentuk visual lainnya yang bisa Anda pilih sesuai topik pelajaran yang sedang dipelajari.

Selain itu, beberapa efek Powerpoint seperti slide dan lainnya memungkinkan si murid untuk kagum dan akhirnya berfokus pada penjelasan guru. Tidak hanya itu saja, si murid pun bisa lebih mengerti tentang pelajaran yang sedang ia pelajari.

Video

Satu gambar bisa memberikan 1.000 cerita dan video bisa memuat banyak sekali cerita. Anda tentu suka dengan media pembelajaran menggunakan gambar. Hanya saja, gambar memiliki sifat tetap dan tidak bergerak sehingga tidak bisa menjadi media pembelajaran interaktif. Maka, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan video.

Ya, video memiliki beragam jenis, seperti video pendek, GIF, film, animasi dan lainnya. Anda bisa pilih salah satu yang paling menarik sehingga si siswa bisa tergugah untuk menyimak apa yang sedang guru sampaikan. Lagi pula, video juga bisa membantu si siswa untuk mengingat pelajaran yang sedang ia pelajari.

Seperti misalnya pelajaran Bahasa Inggris, Anda bisa menampilkan video percakapan dalam bahasa Inggris disertai dengan subtitle. Tentunya video bisa diimplementasikan pada mata pelajaran lainnya juga. Selain itu, ada pelajaran Matematika yang bisa menyajikan video cara menyelesaikan soal tertentu dengan mudah.

Matlab

Sesuai namanya, seorang guru bisa membuat dan menyampaikan soal matematika dengan cara yang mudah. Dengan adanya aplikasi ini, murid menjadi lebih fokus dalam mempelajari matematika. Karena seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali siswa yang tidak suka pelajaran matematika karena dinilai sangat sulit sekali, padahal pelajaran ini sangat penting untuk kehidupan mereka.

Nah, dengan Matlab, kegiatan pelajaran matematika bisa menjadi lebih asyik dan menarik. Ada beragam jenis soal, seperti soal menggambar, menulis, pilihan ganda dan seterusnya. Konsepnya yang paperless atau tanpa kertas membuat penggunaan kertas menjadi berkurang.

Selain itu, Anda tidak wajib memiliki laptop atau komputer untuk mengakses Matlab. Anda dan para murid bisa mengaksesnya menggunakan perangkat kecil seperti smartphone. Anda hanya wajib memiliki jaringan internet yang memadai agar semua konten, fitur dan fasilitas yang tersedia di Matlab bisa Anda gunakan dengan lancar.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai beragam media pembelajaran interaktif. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Macam Media Pembelajaran Interaktif"