Dark Mode : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

 


Halaman ini akan menampilkan informasi mengenai dark mode, pengertian, kelebihan dan kekurangannya.

Vinz-Prasetyo -  Anda tentu mengamati bahwa banyak sekali aplikasi dan situs web yang menerapkan tema gelap pada tampilannya sebagai opsi disamping tema terang atau default. Hal ini bisa jadi menimbulkan pertanyaan bagi Anda, apa manfaat atau kelebihan dari dark mode atau tema gelap yang diterapkan pada beragam aplikasi dan situs web.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa itu dark mode, kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan sendiri apakah Anda perlu memilih dark mode pada sebuah aplikasi yang Anda pakai, seperti Yotube misalnya.


Pengertian Dark Mode

Bila kita menilik dari pendapat Phone Area, kita bisa mengetahui bahwa dark mode merupakan tampilan teks cerah di atas latar belakang yang berwarna gelap. Atau dengan kata lain, bila biasanya sebuah huruf berwarna hitam di atas latar belakang putih, maka pada dark mode menerapkan yang sebaliknya.

Ya, seperti yang Anda tahu bahwa aplikasi dan situs web yang menerapkan mode gelap ini akan membuat tulisannya berwarna putih. Tentunya bukan tanpa alasan. Warna putih merupakan warna netral selain hitam. Dengan menggunakan warna putih, hal tersebut membuat tulisan terlihat jelas dibandingkan dengan warna lainnya.

Interface software yang menggunakan warna hitam atau mode gelap membuat user merasa nyaman. Mata akan terasa santai saat melihat layar dibandingkan menggunakan mode cerah atau light mode.

Meski membuat interface menjadi tampak elegan dan modern, namun konsep dark mode pada dasarnya bukanlah hal baru. Pada tahun sebelum 80-an, komputer menggunakan monitor yang menampilkan warna monokrom yang identik dengan warna hitam putih layaknya dark mode.

Dan pada perkembangan monitor yang lebih modern, dibuatlah tampilan light mode yang mengadopsi tampilan tulisan di atas kertas putih.

Dan pada tahun 2010 lalu, dark mode kembali diterapkan pada Windows Phone 7 dan dilanjutkan pada tahun 2018 dan 2019 yang mana Google dan Apple menambahkan fitur ini pada smartphone serta sistem operasi ciptaan mereka masing-masing.


Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode

Sama seperti produk buatan manusia lainnya, kekurangan dan kelebihan tentu ada, baik itu sedikit maupun banyak, tidak terkecuali desain dark mode ini. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan serta kelebihan dari dark mode.

Kelebihan

  • Mata Menjadi Lebih Santai
  • Lebih hemat energi, baterai gadget menjadi lebih awet
  • Sedikit blue light yang terpancar
  • Sangat cocok untuk diterapkan pada ruangan gelap. Membuat mata tidak sakit melihat layar saat ruangan gelap
  • Membantu banyak orang yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi pada cahaya dan pengliahatnnya terganggu

Kekurangan

  • Sangat tidak cocok diterapkan pada tempat terang seperti luar ruangan pada siang hari karena menyebabkan tampilan layar menjadi tidak jelas terlihat
  • Tidak selalu baik untuk mata karena bisa membuat teks tampak lebih kabur tampilannya
  • Mode gelap sangat cocok diterapkan pada layar OLED sehingga bisa menghemat baterai. Layar model lama tidak memiliki pengaruh soal penghematan daya dengan mode gelap.

Dengan melihat beragam kelebihan dan kekurangannya tersebut, Anda bisa memutuskan untuk menerapkannya atau tidak. Bisa jadi sulit bagi Anda untuk menerapkannya karena Anda lebih sering di luar ruangan.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan dark mode. Nantikan artikel kami yang selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Dark Mode : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya"