Keuntungan dan Resiko Investasi Tanah

 

Halaman ini akan menampilkan beragam keuntungan dan resiko investasi tanah.

Vinz-Prasetyo - Berbicara soal investasi, tentu saja kita tidak bisa lepas dari yang namanya untung serta resiko. Apapun instrumen investasi yang kita pilih, tentu saja memiliki resiko di samping keuntungan. Hal itu tidak lepas dari investasi tanah. Ya, investasi yang satu ini sudah menjadi tujuan banyak orang dari dulu.

Orang zaman dahulu sudah paham nilai dari tanah sehingga investasi ke sebuah lahan tanah merupakan hal yang sangat menjanjikan. Hal itu masih berlaku hingga kini dan bisa jadi Anda berkunjung ke situs web ini berminat untuk berinvestasi tanah juga. Namun, sebelum menyemplungkan dana Anda pada sebidang tanah untuk investasi, sebaiknya Anda mengetahui dahulu antara keuntungan dan resiko investasi tanah.


Sederet Keuntungan dan Resiko Investasi Tanah

Keuntungan Investasi Tanah

Biaya Perawatan yang Terjangkau

Ya, salah satu keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan berinvestasi tanah adalah biaya perawatan yang terjangkau. Sama seperti instrumen investasi lainnya yang sangat memerlukan perawatan seperti properti, tanah pun juga perlu Anda rawat.

Salah satunya adalah membayar biaya keamanan agar tanah Anda tidak diserobot oleh orang jahat. Biaya ini cenderung lebih rendah dibanding investasi lainnya.

Nilai Tambah

Tanah yang kosong dan lapang bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan dan hal tersebut bisa menjadi kesempatan Anda untuk memperoleh passive income atau pemasukan tambahan tanpa bekerja keras. Seperti misalnya Anda bisa membangun ruko, toko atau rumah lalu menyewakannya. Selain itu, Anda bisa buka usaha kos-kosan dan memperoleh penghasilan bulanan dari situ.

Bila tanah Anda dekat jalan raya atau bangunan penting, tanah tersebut bisa Anda jadikan lahan parkir berbayar. Semakin luas, maka semakin untung. Atau Anda bisa menjual tanah Anda ketika harganya naik.

Sulit Hilang

Emas merupakan investasi yang berharga, namun memiliki resiko hilang seperti dicuri atau jatuh di tempat yang tidak Anda ketahui. Hal tersebut bisa terjadi karena emas mudah dibawa dan ukurannya cenderung kecil.

Namun, hal tersebut berbeda dengan tanah. Ya, tanah merupakan lahan luas dan sangat sulit untuk dipindahkan. Maka dari itu, Anda tidak akan kehilangan tanah namun bisa kehilangan hak milik bila dokumen dan sertifikat kepemilikan tanah tersebut hilang.

Sedikit Kompetitor

Tidak semua orang memilih tanah untuk berinvestasi. Lagi pula, harga tanah yang tinggi membuat sedikit orang yang memiliki tanah, terlebih di era modern sepert ini. Maka dari itu, Anda bisa menjual tanah Anda dengan sangat cepat karena memang kompetitor Anda sedikit dan dengan begitu pula Anda bisa memainkan harga.

Resiko Investasi Tanah

Perlu Modal Besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, minimnya kompetitor jual tanah merupakan imbas dari harga tanah yang sangat mahal, terlebih bila tanah tersebut memiliki lokasi yang sangat strategis. Maka dari itu, bagi Anda yang berniat investasi tanah perlu memiliki modal yang sangat besar untuk bisa membeli tanah tersebut sebagai obyek investasi.

Resiko Penyerobotan

Maraknya penyerobotan tanah bisa saja juga berdampak pada tanah yang Anda miliki. Penyerobotan tanah tidak harus berarti merebut hak kepemilikan tanah.

Beberapa kejadian atau hal yang sering terjadi adalah seperti pemanfaatan lahan tanpa izin Anda, dijadikan lahan parkir tidak resmi, pembangunan bangunan sementara sampai pengurangan luas tanah, mungkin dengan pemindahan patok batas tanah.

Maka dari itu, Anda perlu memberikan uang keamanan sebagai langkah pencegahan.

Ketelitian Terhadap Legalitas

Salah satu resiko besar yang bisa saja Anda hadapi ketika ingin berinvestasi tanah adalah Anda harus memeriksa dengan teliti legalitas yang dimiliki oleh pemilik atau penjual tanah tersebut.

 Anda harus pastikan bahwa penjual tanah tersebut memiliki legalitas yang solid dan bisa dipertanggung jawabkan atau tidak. Bila tidak, tanah Anda bisa menjadi tanah sengketa atau bisa diambil alih oleh orang lain.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mempelajari dahulu apa saja yang perlu Anda miliki atau siapkan sebelum berinvestasi tanah agar tidak ada hal yang mengganggu Anda di kemudian hari.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai keuntungan dan resiko investasi tanah. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Resiko Investasi Tanah"