Cara Investasi Emas yang Aman

 


Halaman ini akan menampilkan informasi mengenai cara investasi emas yang aman.

Vinz-Prasetyo - Investasi menjadi pilihan banyak orang, khususnya kalangan anak muda untuk memperoleh hidup yang lebih nyaman di masa depan. Pada dasarnya, terdapat beragam intrumen investasi yang bisa dijajal, seperti saham, reksadana, deposito, properti dan lainnya.

Namun, ada banyak pendapat yang bilang bahwa emas merupakan instrumen investasi yang terbaik karena disebut sebagai zero-inflation. Zero-inflation berarti anti inflasi yang mana dengan kata lain harganya tidak turun malah sering menanjak dari tahun ke tahun.

Namun, bagaiamana cara investasi emas yang aman? Nah pada artikel berikut ini kami akan jelaskan caranya Anda bisa berinvestasi emas dengan jalan yang sangat aman dan mendatangkan cuan di masa depan.


Cara Investasi Emas yang Aman

Emas Batangan

Emas batangan menjadi bentuk investasi yang sangat menguntungkan dari dulu hingga sekarang. Pasalnya, emas batangan merupakan bentuk dari emas murni yang sudah melewati beragam proses sehingga memiliki tampilan yang mengkilap. Dengan berinvestasi pada emas batangan, Anda juga sudah memiliki emas secara nyata.

Meski begitu, mengingat bentuknya yang bisa jadi besar dan merupakan barang yang berharga, maka Anda perlu menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan emas batangan tersebut. Tentu saja, alasan paling kuat agar tidak hilang, baik itu karena dicuri atau terselip di suatu tempat di rumah Anda.

Koin Emas

Pada dasarnya, koin emas memiliki konsep yang sama, yaitu Anda bisa memegan emas dalam bentuk fisik. Meski begitu, kelebihan koin emas daripada emas batangan adalah dari ukurannya. Ya, koin emas memiliki ukuran yang lebih kecil daripada emas batangan.

Dengan begitu, cara menyimpannya pun tentu lebih simpel daripada emas batangan. Cara mendapatkan koin emas pun cukup mudah. Anda bisa mendatangi instansi swasta atau sebuah dealer penyedia koin emas. Tempat semacam itu biasanya tersebar di banyak tempat sehingga tidak sulit untuk mendapatinya.

Anda bisa menjual koin emas tersebut ketika harganya melambung sehingga memperoleh keuntungan.

Perhiasan Emas

Bagi Anda seorang wanita, tentu saja perhiasan yang terbuat dari emas murni merupakan barang berharga. Anda bisa melihat bahwa harganya pun bisa naik dan turun. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan perhiasan emas sebagai produk investasi.

Bagi Anda yang merupakan investor emas pemula, membeli perhiasan emas bisa menjadi pilihan yang pas. Salah satu alasannya adalah kemudahan dalam mendapatkannya. Dan menurut data dari Investopedia, 49% emas yang diproduksi akan diolah menjadi perhiasan.

ETF Emas dan Reksa Dana

ETF merupakan sebuah bursa emas dan berdagang emas di ETF serta Reksa Dana merupakan langkah yang sangat menguntungkan. Anda tidak perlu berurusan soal biaya kepemilikan fisik yang mana berarti Anda harus membayar keamanan dan asuransi emas.

Selain itu, biaya pembelian dan penjualan emas di ETF dan Reksa Dana juga sangat rendah dibandingkan dengan pengelolaan aset lainnya. Intinya, ETF emas dan reksa dana menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak mau ribet soal urusan investasi.

Emas Berjangka

Seperti namanya, emas berjangka merupakan jenis investasi emas yang memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual emas pada rentang waktu tertentu. Bagi Anda yang memiliki modal berlebih, emas berjangka sangat cocok bagi Anda karena nilai kontraknya yang sangat tinggi.

Meski begitu, jenis emas berjangka merupakan produk yang sulit ditembus dan dikelola. Hal ini membuatnya berbeda dengan bentuk investasi emas lainnya.

Perusahaan dan Saham Penambangan Emas

Cara yang satu ini merupakan bentuk penggabungan antara investasi emas dengan saham konvensional. Ya, dengan berinvestasi pada saham perusahaan emas, maka Anda tidak perlu repot membeli dan menjual emas seperti biasanya.

Selain itu, dari faktor bisnis, nilai investasi bisa lebih terjaga. Hal itu karena memang emas masih menjadi barang berharga yang peminatnya sangat banyak, membuat perusahaan yang bekerja dengan emas lebih stabil dan Anda bisa memperoleh dividen setiap perusahaan tersebut tutup buku.

Nah, itulah beragam cara investasi emas yang aman yang bisa Anda praktekkan. Nantikan artikel kami yang selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Investasi Emas yang Aman"