Apa Itu Brand Awareness dan Cara Membangunnya


 

Vinz-Prasetyo - Seperti yang kita ketahui, dunia bisnis sangat penuh dengan persaingan. Maka dari itu, tidak heran bahwa terdapat ratusan bahkan ribuan bisnis yang memiliki konsep yang serupa namun tidak sama. Dengan beragam persaingan dan kemiripan ide tersebut, sebuah brand atau merk perlu hadir dalam sebuah bisnis.

Nah, setelah memiliki brand, maka perlu juga membangun sebuah brand awareness.  Nah, apa itu brand awareness? Mengapa tampaknya penting? Dan bagaimana cara membangun serta meningkatkan brand awareness? Berikut ini akan kami ulas secara singkat apa itu brand awareness dan cara membangunnya.


Pengertian Brand Awareness

Apa itu brand awareness? Secara sederhana, brand awareness adalah skala pengetahuan merk atau brand dagang Anda di benak seorang konsumen Anda atau kelompok target pasar Anda. Seperti misalnya, nama, tagline, logo atau lainnya yang menggambarkan bisnis Anda tersebut.

Atau dengan kata lain, brand awareness adalah seberapa berhasil brand Anda melekat dalam pikiran sekelompok orang khususnya target pasar Anda.

Beberapa contoh brand awareness yang sangat populer di Indonesia adalah brand “odol” dan “Pepsodent” yang melekat pada produk pasta gigi, brand “Indomie” pada produk mie instan, brand “Honda” pada produk sepeda motor, brand “Aqua” pada produk air putih kemasan dan sebagainya.

Setiap seseorang mendengar kata “pasta gigi”, maka yang ada dalam pikirannya adalah brand”odol” dan “Pepsodent”. Saat seseorang mendengar istilah “sepeda motor”, mereka langsung memikirkan nama “Honda” dan sebagainya.

Maka dari itu, tidak heran bila sebuah bisnis yang sistem brand awareness-nya berhasil mampu mendapatkan penjualan yang tinggi. Dan namanya terus ada selama bisnis tersebut terus memproduksi barang dengan brand tersebut.

Setelah mengetahui apa itu brand awareness dan contohnya, bagaimana Anda bisa membangun brand awareness bisnis Anda agar berkembang dan berhasil?


Cara Membangun Brand Awareness

Mengingat besarnya dampak brand awareness pada perkembangan bisnis, bisa jadi Anda ingin juga membangun brand Awareness Anda. Nah, berikut ini adalah caranya.

Fokus Membangun Karakter Khas Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebuah konsep bisnis bisa jadi banyak kompetitornya. Seperti misalnya bisnis smartphone yang mana Anda lihat banyak sekali brand smartphone yang tersebar di Indonesia.

Katakanlah ada Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Iphone dan sebagainya. Meski sama-sama menjual smartphone, namun mereka punya karakteristik masing-masing.

Seperti Xiaomi fokus pada penjualan smartphone dengan harga yang murah. Lalu ada Samsung yang berfokus pada produk smartphone yang tampak premium serta elegan.

Ada lagi Oppo dan Vivo yang bersaing di ranah kualitas kamera. Tidak lupa juga Iphone yang berfokus membangun mindset banyak orang bahwa Iphone merupakan smartphone milik orang kaya.

Karakter yang berbeda-beda itulah yang membuat mereka bisa bertahan dan memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri.

Memanfaatkan Media untuk Promosi

Kegiatan pemasaran, promosi dan penawaran merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari sebuah bisnis. Pemasaran dan promosi menjadi ujung tombak sebuah bisnis, apapun jenis dan konsep usaha yang dijalankan.

Dan semakin tinggi perkembangan teknologi, hadirlah yang bernama pemasaran digital. Salah satu pemasaran digital yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media besar atau press release untuk mempromosikan brand bisnis Anda.

Anda tentu sadar bahwa sebuah brand akan menjadi sangat terkenal ketika sudah diliput oleh media besar. Media besar memiliki audience tetap yang sangat banyak. Dengan banyaknya audience, itu berarti akan membuat sebuah brand semakin terkenal bila dipromosikan oleh media besar.

Maka dari itu, bila Anda melihat bisnis Anda sudah semakin berkembang, Anda bisa menyisihkan dana untuk melakukan promosi di salah satu atau beberapa media besar online di Indonesia, seperti Kompas, Detik, Tribunnews dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media lain, seperti sosial media. Anda dapat menggunakan cara berbayar seperti Facebook dan Instagram Ads. Selain itu, memanfaatkan platform periklanan seperti Google Ads juga akan membantu brand Anda semakin besar.

Intinya, dengan memanfaatkan beragam media untuk promosi, maka semakin luas juga brand Anda menjangkau banyak orang. dengan begitu, maka brand awareness Anda sudah mulai terbangun.

Buat Logo dan Tagline yang Unik

Logo bisa menjadi salah satu ciri khas sebuah bisnis. Beberapa brand besar sangat memperhatikan logo bisnis mereka agar hal itu bisa mudah diingat orang dan pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan. Maka dari itu, tidak heran bila mereka rela membayar dengan harga mahal untuk sebuah logo.

Bukti bahwa logo sangat mempengaruhi tingkat brand awarenss bisnis Anda adalah seperti logo yang dimiliki oleh smartphone dari Apple, yaitu Iphone. Dengan logo buah apel yang baru digigit, Apple berhasil membuat banyak orang mengingat brandnya ketika melihat sebuah apel.

Saat membuat logo, jangan fokus pada sisi kerennya saja, namun seberapa mudah logo tersebut diingat oleh orang. selain itu, sebisa mungkin logo Anda memiliki arti tersendiri. Hal itu akan membangun image orang terhadap bisnis Anda.

Hindari Melakukan Iklan yang Membabi Buta

Promosi dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis. Maka dari itu, memanfaatkan banyak media untuk berpromosi merupakan langkah yang baik. Namun, promosi yang membabi buta justru akan seperti boomerang untuk Anda.

Selain sangat boros dana perusahaan, promosi yang berlebihan akan membuat banyak orang bosan melihatnya dan malah tidak menyadari keberadaan brand Anda.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai apa itu brand awareness dan cara membangunnya. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Brand Awareness dan Cara Membangunnya"