Cara Memperbaiki Kamera Hp Error

 

Halaman ini akan menampilkan cara memperbaiki kamera hp error.

Vinz-Prasetyo - Sama seperti benda elektronik lainnya, hp juga bisa mengalami penurunan peforma hingga menjadi rusak. Ada beragam bagian yang biasanya mengalami kerusakan atau error, salah satunya adalah kamera. Meski rusaknya kamera biasanya tidak mempengaruhi peforma hp secara keseluruhan, namun tetap saja membuat hp memiliki fungsi yang lebih terbatas dari pada sebelumnya.

Pada dasarnya, ada beragam penyebab kamera hp bisa rusak dan masing-masing penyebab kerusakan kamerapada hp pun berbeda-beda. Karena perbedaan penyebab tersebut, cara memperbaiki atau mengatasinya pun juga beragam.  Maka dari itu, pada artikel ini kami akan berikan beragam cara memperbaiki kamera hp error yang bisa Anda praktekan.

Cara Memperbaiki Kamera Hp Error

Tekan Tombol Restart

Restart atau mematikan hp secara sementara lalu hp akan hidup kembali biasanya bisa menjadi cara yang simpel untuk menyelesaikan masalah kamera error. Anda bisa menekan tombol power dalam waktu beberapa detik, lalu akan muncul pilihan untuk mematikan hp atau restart.

Anda perlu pilih tombol restart dan hp Anda pun akan mati dengan sendirinya dan akan menyala kembali tidak lama kemudian. Cara ini bisa Anda terapkan bila kamera Anda memang tidak rusak sepenuhnya, alias kadang error dan kadang tidak.

Install Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Cara yang satu ini bisa Anda ambil bila kerusakan kamera Anda terletak pada aplikasi kamera. Ya, bahkan aplikasi bawaan pun bisa menjadi rusak bila versinya sudah usang atau versi sistem operasinya. Maka dari itu, untuk mengatasinya, Anda bisa install aplikasi kamera lainnya yang tersebar di App-Store dan Playstore.

Beberapa aplikasi kamera seperti Camera 360, Candy Camera dan lainnya bisa Anda jadikan alternatif. Lagi pula, selain menyelesaikan masalah soal aplikasi kamera yang error, aplikasi kamera pihak ketiga biasanya memiliki fitur yang jauh lebih lengkap daripada aplikasi kamera hp bawaan.

Bisa jadi, Anda malah lebih suka menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga karena fiturnya yang kaya.

Hapus Data di Folder DCIM pada Memori

Ada kalanya, masalah pada kamera karena ada file atau data yang merusak kamera. Dan data semacam itu bisa Anda temui di folder DCIM. Maka dari itu, sebagai solusi, Anda bisa coba menghapus atau mengosongkan folder bernama DCIM. Namun, Anda perlu melakukan backup file pada folder lainnya untuk berjaga-jaga.

Nah, folder DCIM tersebut bisa Anda temukan pada memori internal hp Anda. Setelah  semua data yang ada di DCIM terhapus semua, maka Anda bisa membuat folder baru dengan nama Camera. Anda bisa menghapus dan membuat sebuah folder baru dan memberi nama yang sesuai keinginan menggunakan aplikasi file manager.

Reset Android ke Setelah Pabrik

Cara memperbaiki kamera hp error yang selanjutnya adalah dengan mengembalikannya pada setelah pabrik. Mengembalikan hp pada setelah atau pengaturan pabrik bisa membuat hp memiliki kondisi saat masih baru, termasuk ketika kameranya masih normal. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda bila mengalami kerusakan pada kamera atau kamera error.

Namun, sebelum Anda melakukan ini, Anda perlu melakukan backup data terlebih dahulu. Karena pengaturan semacam ini membuat hp menjadi kembali ke pengaturan awal, tentu saja data yang Anda simpan pada hp tersebut akan hilang secara otomati. Bila data tersebut merupakan data yang sangat penting, tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan Anda.

Lakukan Upgrade Firmware

Upgrade Firmware bisa juga berarti upgrade sistem operasi. Bila sistem operasi Anda adalah Android, maka Anda perlu upgrade versi Android ke yang lebih tinggi. Cara ini perlu dilakukan mengingat beberapa penyebab kamera menjadi error adalah versi Android yang sudah lawas.

Nah, dengan melakukan upgrade sistem operasi, maka diharapkan kamera Anda bisa kembali normal dan Anda bisa menggunakannya secara maksimal. Lagi pula, dengan upgrade sistem operasi, maka Anda juga bisa memperoleh beragam fitur yang menarik.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai cara memperbaiki kamera hp error. Bila Anda sudah mencoba beragam cara di atas namun belum juga berhasil, maka Anda perlu membawanya ke tempat reparasi hp atau membeli hp baru. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kamera Hp Error"