Apa Itu Platform Pemasaran Online dan Beragam Jenisnya

 


Halaman ini akan menampilkan informasi mengenai apa itu platform pemasaran online dan beragam jenisnya.

Vinz-Prasetyo - Anda tentu paham bahwa dunia bisnis tidak akan jauh dari dunia marketing. Karena bagaimana pun juga, marketing atau pemasaran merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis, apapun bisnis yang dijalankan. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya teknologi, berkembang juga cara pemasaran online.

Dengan begitu, tidak jarang kita mendengar soal platform pemasaran online. Maka dari itu, berikut ini kami akan membahas tentang apa itu platform pemasaran online dan beragam jenisnya. Artikel ini bisa membantu Anda menjalankan marketing pada bisnis Anda dalam skala online.


Apa Itu Platform Pemasaran Online?

Seperti namanya, platform pemasaran online merupakan tempat digital yang menjadi jembatan antara pemilik bisnis dan pembeli. Dengan begitu, cara kerjanya hampir sama seperti pasar konvensional namun dengan skala yang sangat luas.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali platform pemasaran online yang bertebaran. Anda bisa dengan mudah menemukannya dan bahkan bisa jadi Anda pernah mencoba beberapa di antaranya. 

Bila Anda sudah pernah mencoba menawarkan barang atau jasa yang Anda sediakan, tentu Anda merasakan mudahnya mencapai pembeli pada platform pemasaran online.

Lantas, apa saja platform pemasaran online yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh semakin banyak penjualan?


Beragam Jenis Platform Pemasaran Online

Ada beberapa platform yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara online, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Google

Google sudah menjadi mesin pencari yang sangat populer di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Meski ada beberapa mesin pencarian lainnya, namun Google tetap menjadi primadona banyak orang untuk mencari serta mendapatkan banyak informasi.

Di sisi lain, Google bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Caranya adalah dengan menerapkan metode SEO atau Search Engine Optimization. Ya, metode ini perlu Anda terapkan agar website bisnis Anda mudah ditemukan dan penjualan bisa terjadi.

Facebook

Pada awal berdirinya Facebook, platform digital ini tidak ditujukan untuk menjadi tempat berbisnis. Namun, seiring berkembangnya Facebook dengan bertambahnya jumlah penggunanya, maka lahan bisnis pun bisa berjalan beriringan dengan kegunaan utama Facebook untuk bersosialisasi.

Anda bisa gunakan dua cara, yaitu gratis dan berbayar. Cara gratis bisa Anda lakukan dengan masuk ke dalam grup yang memiliki topik serupa dengan ide jualan Anda. Anda bisa posting penawaran barang Anda dan banyak orang akan melihatnya.

Bila dengan cara berbayar, maka Anda menggunakan fitur Facebook Ads yang mana Anda bisa mengatur audience iklan Anda sehingga lebih terarah dan memiliki potensi besar untuk laku.

Instagram

Instagram merupakan saudara dari Facebook. Instagram memiliki konsep tampilan profil seperti galeri grid yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi galeri produk Anda. Fungsi utama Instagram memang untuk bersosialisasi. Meski begitu, platform ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda secara online.

Anda tinggal buat akun Instagram, memposting produk Anda dan berinteraksi di beragam postingan orang lain. Hal ini akan meningkatkan potensi orang untuk mengenal akun Instagram dan memancing terjadinya penjualan. Sama seperti Facebook, Anda bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads untuk memasarkan produk Anda dengan lebih tertarget.

Twitter

Siapa yang tidak kenal dengan Twitter? Platform sosial media ini sangat dikenal dengan logo burung berwarna biru yang menggambarkan nama platform tersebut, yaitu Twitter yang diambli dari kata “Tweet” yang mana berarti kicauan burung.

Platform Twitter ini membatasi jumlah kata yang bisa Anda posting dalam satu postingan, yaitu hanya 140 karakter. Maka dari itu, Anda perlu mengolah strategi yang tepat agar bisa menjual produk Anda. Anda bisa membuat cuitan tunggal atau sebuah thread.

Youtube

Youtube menjadi platform favorit banyak orang. Hal ini dipicu oleh beragamnya konten video menarik yang tersedia pada platfrom berwarna merah ini. Nama Youtube semakin melambung ketika cerita sukses para konten kreatornya tersebar. Mereka mendapatkan uang dari iklan yang tampil pada video buatan mereka.

Nah, Anda bisa memanfaatkan platform Youtube untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan, seperti menyematkan link website jualan Anda, memajang link affiliasi Anda atau membayar beberapa konten kreator untuk memasarkan produk Anda.

Semakin banyak subscriber yang seorang konten kreator miliki, maka akan semakin banyak pula hasil yang bisa Anda peroleh. Memang, harga dari membayar seorang konten kreator bisa sangat mahal. Namun, bila Anda memilih seorang konten kreator yang handal, maka produk Anda punya potensi yang besar untuk laku terjual.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai apa itu platform pemasaran online dan beragam jenisnya. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Platform Pemasaran Online dan Beragam Jenisnya"