Beragam Macam Jenis Batre Hp

 

Halaman ini akan memberi Anda informasi mengenai beragam macam jenis batre hp.

Vinz-Prasetyo - Sejak kehadirannya, hp menjadi perangkat komunikasi yang disukai banyak orang. Salah satu alasan mengapa hp bisa populer dan disukai banyak orang karena bisa dibawa dan digunakan di mana saja.

Ya, hp atau handphone merupakan perangkat komunikasi modern yang menggunakan baterai untuk menjaganya tetap aktif. Dengan menggunakan baterai, sudah pasti sebuah hp tidak perlu terhubung dengan sumber listrik setiap saat.

Nah, bisa jadi Anda pernah bertanya-tanya soal jenis baterai yang biasa digunakan oleh hp sehingga bisa tahan beberapa jam bahkan seharian. Ternyata, terdapat beragam jenis baterai yang digunakan oleh banyak hp, dan hal tersebut akan dibahas pada artikel ini yang berjudul beragam macam jenis hp.

5 Macam Jenis Batre Hp

Ternyata, setidaknya ada jenis batre yang sedang dan pernah digunakan oleh hp. Jenis batre pun berkembang dan bertambah mengikuti teknologi hp masa kini. Lantas, apa saja jenis batre hp yang bisa Anda ketahui? Simak jawabannya berikut ini.

Li-ion / Lithium Ion

Bisa jadi Anda tidak asing dengan jenis baterai yang satu ini. Ya, Lithium Ion merupakan salah satu jenis baterai yang banyak sekali ditanam pada sebuah hp, khususnya smartphone. Hal tersebut terbukti dari betapa seringnya Anda melihat nama ini di bagian belakang box hp pada bagian spesifikasi hp.

Dan pada saat Anda mengecek spesifikasi hp di internet pun juga sama seperti itu. Lantas, mengapa menggunakan nama Lithium Ion? Ya, Anda perlu tahu bahwa Lithium merupakan unsur alami yang diterapkan pada baterai hp yang satu ini.

Di dalam batre tersebut terdapat unsur Lithium Ion yang bergerak dari elektroda negatif ke elektroda positif saat dilepas dan akan kembali lagi pada saat diisi ulang. Batre ini juga bisa diisi ulang sehingga penggunaannya bisa hemat.

Dan alasan mengapa jenis batre ini populer adalah pertimbangan dari pihak produsen hp yang melihat bahwa batre Lithium Ion ini sangat awet sehingga kuat untuk diisi ulang hingga 1.000 kali. Jadi, tidak heran mengapa Lithium Ion menjadi nama batre yang sering Anda lihat.

Li-Po / Lithium Ion Poly

Lithium Ion Poly atau disingkat Li-Po merupakan jenis batre yang merupakan pengembangan dari Lithium Ion. Perbedaan dari keduanya adalah bahwa Li-Po, sesuai namanya, menggunakan elektrolit Polymer, bukan elektrolit cair. Daya yang dihasilkan juga lebih spesifik.

Dari bobotnya saja, Lithium Ion Polymer memiliki bobot yang cenderung lebih ringan dan memiliki bentuk yang bisa disesuaikan sesuka hati. Tidak hanya sampai situ saja, dari segi keamanan pun Lithium Ion Poly lebih unggul karena lebih aman dari ledakan.

Meski begitu, bisa jadi Anda menyadari bahwa penggunaan jenis batre ini lebih jarang dari Lithium Ion karena memang biaya produksinya yang melonjak. Meski begitu, bila Anda mencari hp dengan batre yang aman, terutama dari sisi ledakan, maka batre jenis Lithium Ion Poly bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Li-Fe / Lithium Iron Phosphate

Pernahkah Anda mendengar atau membaca jenis batre yang satu ini? Kemungkinan besar jawabannya adalah tidak. Ya, batre ini memiliki harga yang  sangat mahal dan akan membuat harga penjualan sebuah hp bisa meningkat tajam daripada jenis batre lainnya.

Dengan pertimbangan hal tersebut, maka produsen hp membatasi bahkan menghindari jenis batre ini untuk memperlancar penjualan hp mereka. Meski begitu, batre Lithium Iron Phosphate merupakan pengembangan dari batre jenis Li-Ion yang tentu saja dari segi kualitas sangat baik.

Meski harganya yang mahal, namun batre ini punya potensi untuk dilirik banyak produsen hp di masa depan. Kita tidak tahu persis, namun melihat perkembangan teknologi yang pesat, penggunaan batre jenis Lithium Iron Phosphate pada perangkat hp bukanlah hal yang mustahil.

NiCd / Nickle Cadium

Pernahkah Anda melihat jenis batre yang satu ini? Kemungkinan besar tidak bila Anda merupakan generasi muda. Namun, bagi bapak atau kakek Anda, kemungkinan besar sudah pernah melihat bahkan merasakan sendiri rasanya menggunakan hp yang memanfaatkan batre jenis NiCd pada perangkat hpnya.

Bagaimana rasanya? Tentu ada banyak kekurangan yang membuatnya tidak lagi dipakai pada zaman sekarang. Seperti misalnya dari soal bobot. Batre NiCd atau Nickle Cadium memiliki bobot yang sangat berat dengan ukuran yang besar.

Dan soal pengisian ulang, maka Anda harus membiarkan batre ini habis atau kosong terlebih dahulu agar Anda dapat mengisi dayanya. Jadi, Anda harus bersiap-siap membawa hp dalam keadaan daya yang menipis dan mati di jalan nantinya.

Lantas, perangkat apa yang pernah menggunakan baterai jenis ini? Salah satunya adalah Nokia 3310, sebuah hp idaman pada masanya.

NiMh / Nickel Hydride

Salah satu jenis batre yang sering digunakan pada hp pada zaman dahulu adalah NiMh atau Nickel Hydride. Jenis batre yang satu ini merupakan hasil perkembangan dari NiCd dan biasa dipakai oleh featured phone.

Daya yang dimilikinya dapat mencapai 40% lebih banyak dengan bentuk yang sama dan bisa diisi ulang sebanyak 500 kali. Meski begitu, sama seperti NiCd, Anda harus membiarkan batrenya kosong terlebih dahulu sebelum akhirnya diisi kembali.

Dan karena itulah, Anda harus rela kehabisan daya di perjalanan karena tidak bisa mengisi daya saat di rumah ketika dayanya sudah menipis.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai beragam macam jenis batre hp. Nantikan artikel kami yang selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Beragam Macam Jenis Batre Hp"