9 Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

 


Membangun usaha memang tidak mudah, terdapat banyak penghalang yang bisa saja hadir. Salah satu penghalang yang biasanya hadir ketika ingin membangun usaha adalah modal. Maka dari itu, ide usaha modal 1 juta akan membantu Anda dalam memulai sebuah bisnis.

Meski jumlah uang tersebut tampaknya sangat sedikit untuk membangun sebuah bisnis, namun rupanya terdapat sederet ide usaha yang bisa dimulai. Apa saja itu? Pada artikel kali ini kami akan membahas sederet ide usaha modal 1 juta yang dapat dicoba oleh para mahasiswa.

9 Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Dropshipper

Ide usaha modal 1 juta yang pertama adalah Dropshipper. Dropshipper adalah program bisnis yang tidak mewajibkan Anda untuk menyetok barang dagangan terlebih dahulu. Anda hanya perlu menawarkan barang dan ketika ada pesanan maka akan diteruskan kepada penjual untuk diproses.

Beberapa barang seperti makanan, sparepart motor, handphone second, sepatu dan pakaian bisa Anda jual dengan cara dropship. Meski tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu, namun Anda perlu memahami barang yang sedang Anda tawarkan. Itu adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalani bisnis ini.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu membeli handphone yang murah dan kuota secukupnya. Bagikan di sosial media dan tunggu hingga ada yang memesan barang yang Anda tawarkan.

Sarapan Pagi

Sarapan adalah kegiatan yang sangat penting sekali untuk dilakukan. Tanpa sarapan, seseorang seringkali sulit berkonsentrasi saat bekerja atau sekolah. Namun waktu bersiap-siap dan perjalanan menuju tempat kerja dapat menghalangi seseorang untuk memasak. Maka dari itu, menjual sarapan pagi merupakan usaha yang tidak boleh dilewatkan.

Anda dapat bangun pagi-pagi sekali untuk mulai memasak. Upayakan jam 6 pagi Anda sudah dapat menyiapkan semua masakan agar banyak orang dapat membeli makanan dari Anda. Usaha yang satu ini sangat cocok jika Anda memiliki rumah di dekat pabrik atau Kawasan bisnis.

Usaha Makanan Ringan

Berbeda dengan sarapan pagi, usaha makanan ringan bisa dilakukan lebih santai. Beberapa cemilan yang dijual biasanya awet sampai berhari-hari sehingga Anda tidak perlu membuatnya setiap hari. Beberapa makanan seperti keripik, macaroni goreng, mie lidi dan lainnya dapat menjadi ide dagangan yang sangat bagus.

Malah, jika Anda ragu untuk menentukan makanan ringan apa yang ingin dijual, Anda bisa menggunakan sistem pre-order. Sistem pre-order hampir sama seperti dropshipper yaitu Anda tidak perlu mengeluarkan modal di awal dan hanya membeli barang dari supplier ketika sudah terdapat pesanan.

Dengan menjalankan usaha makanan ringan, Anda bisa menerapkan penjualan secara offline dan juga online.

Membuat Kue Kering

Tidak sedikit orang yang suka makan makanan manis seperti kue kering. Jika di sekitar Anda ada cukup banyak orang yang suka makanan manis seperti kue, mereka bisa menjadi target pasar Anda yang pertama.

Usaha modal 1 juta yang ini seringkali sangat ramai pesanan, khususnya pada hari-hari raya seperti lebaran, natal, tahun baru dan lainnya. Malah, usaha ini bisa menjadi lebih mudah dijalankan jika Anda memiliki hobi membuat kue.

Beberapa kue seperti nastar, kastengel, lidah kucing dan kue putri salju merupakan beberapa varian kue yang kerap diincar.

Thrift Shop

Thrift shop adalah nama lain dari bisnis jual pakaian bekas. Hanya saja pakaian bekas yang dijual adalah produk impor dan sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Penampilan tokonya pun juga lebih berkelas dan menyenangkan. Maka dari itu, tidak heran bila baju yang dijual tampak lebih elegan dan berkelas.

Untuk mengawali bisnis thrift shop ini, Anda perlu mencari dan menemukan supplier yang sanggup diajak bekerja sama. Selalu pastikan bahwa harga yang ia beri tidak terlalu mahal sehingga Anda dapat menjual baju bekas tersebut dengan harga yang lebih murah daripada produk barunya.

Dalam memajangnya, Anda bisa menaruhnya di gantungan atau kotak yang tersusun rapi. Meski biasanya bisnis ini mengandalkan toko fisik, namun Anda bisa memulainya dengan berjualan secara online untuk menekan modal awal.

Tas Rajut

Apakah Anda suka merajut? Jika iya, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan hobi Anda untuk mencari pundi-pundi rupiah. Meski tas rajut tampak tidak semewah tas kulit, namun benda aksesoris satu ini memiliki keistimewaannya sendiri.

Harga jual tas rajut ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Rentang harganya di pasaran bisa mulai dari Rp. 60.000 hingga Rp. 300.000. Ide usaha yang satu ini masih memiliki pasar yang sangat luas karena minimnya pesaing, baik produsen atau reseller.

Malah, jika Anda memiliki kualitas rajut yang sangat bagus, tidak ada salahnya untuk memasarkannya pada orang luar negeri. Jika berhasil, harga yang ditawarkan bisa sangat tinggi dan lebih banyak daripada di Indonesia.

Jasa Pembuatan Konten Sosial Media

Jika dahulu banyak usaha memanfaatkan koran, televisi, radio hingga situs web untuk memasarkan produk, saat ini sosial media juga bisa dijadikan sarana beriklan. Maka dari itu, untuk melancarkan strategidigital marketing menggunakan sosial media, banyak pengusaha membutuhkan jasa pembuatan konten sosial media.

Anda dapat membuat konten sosial media menggunakan Canva atau Photoshop. Malah, jika Anda memiliki keahlian mengedit video, tidak ada salahnya untuk membuat konten berupa video. Harga konten video biasanya lebih mahal daripada hanya sekedar gambar.

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis meliputi pembuatan logo bisnis. Meski hanya sebuah gambar kecil, logo sangat berpengaruh terhadap branding sebuah bisnis. Maka dari itu, tidak heran jika harga jasa logo cukup mahal, yaitu mulai dari Rp. 100.000 hingga jutaan rupiah.

Malah, jika Anda berani menembus pasar luar negeri harga yang Anda patok bisa lebih mahal. Nah, untuk dapat menjalankan bisnis ini, ada beberapa aplikasi edit foto yang perlu Anda kuasai. Selain itu, rajin-rajinlah mengumpulkan portofolio hingga value jasa Anda sering meningkat dari waktu ke waktu.

Bisnis Aksesoris Handmade

Dalam menjalani bisnis aksesoris handmade ini sangat penting untuk memiliki sifat ulet dan jiwa seni yang tinggi. Karena bagaimana pun juga, usaha yang bertema handmade seringkali sulit untuk dijalankan. Namun, di situlah letak harga jualnya. Karena sulit dalam pembuatannya, maka harga yang ditawarkan pun juga cukup tinggi.

Anda bisa membeli alat, bahan dan pernak-perniknya dengan harga kurang dari satu juta saja. Jika sulit menemukan di dekat rumah Anda, maka bisa cob acari di beberapa marketplace ternama seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya.

Untuk terus mendapatkan pembeli, sifat kreatif juga sangat diperlukan agar produk yang dihasilkan tidak monoton. Soal penghasilan, Anda hampir mendapatkan keuntungan sebesar 100% per penjualan.

Demikianlah artikel kami mengenai 9 ide usaha modal 1 juta yang bisa kami sampaikan. Nantikan artikel kami selanjutnya dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "9 Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa"